EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Pengurus Lembaga Amil Zakat Masjid Wa’dul Amin Desa Sungai Cabang Barat Terhadap Makna Al-Muallafati Qulûbuhum Sebagai Mustahik Zakat (Studi Q.S. AlTaubah/9: 60)

Anas, Khairul (2024) Pemahaman Pengurus Lembaga Amil Zakat Masjid Wa’dul Amin Desa Sungai Cabang Barat Terhadap Makna Al-Muallafati Qulûbuhum Sebagai Mustahik Zakat (Studi Q.S. AlTaubah/9: 60). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (721kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bermula dari pengamatan penulis terhadap Pengurus Lembaga Amil Zakat Masjid Wa’dul Amin Desa Sungai Cabang Barat dalam mendistribusikan zakat kepada golongan mustahik zakat. Dalam Q.S. al-Taubah/9: 60 Allah Swt sudah menetapkan bahwasanya mustahik zakat hanya terdiri dari delapan golongan, dan salah satu golongan tersebut adalah al-muallafati qulûbuhum. Dari pengamatan penulis bahwasanya Pengurus Lembaga Amil Zakat Masjid Wa’dul Amin Desa Sungai Cabang Barat masih mendistribusikan zakat kepada golongan mualaf yang sudah lama memeluk Islam, bahkan golongan mualaf tersebut mendapatkan zakat selamanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menjadi subjek penelitian adalah Pengurus Lembaga Amil Zakat Masjid Wa’dul Amin Desa Sungai Cabang Barat. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwasanya responnden memahami makna almuallafati qulûbuhum adalah mereka yang imannya masih lemah, yang dikategorikan sebagai golongan ini ada tiga macam. Pertama, mereka yang baru masuk Islam, mereka diberi zakat agar iman mereka semakin kokoh. Kedua mereka yang sudah lama masuk Islam, mereka diberikan zakat agar keluarga atau teman mereka yang masih kafir menyaksikan bahwasanya orang yang masuk Islam diberikan bagian dari harta zakat sehingga mereka tertarik dengan Islam. Akan tetapi menurut responde IV golongan yang sudah lama masuk Islam tidak lagi dikategorikan sebagai golongan mualaf. Ketiga, golongan yang masih kafir, golongan kafir adalah mereka yang diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap Islam dan diharapakan dengan washilah diberi zakat akan masuk Islam. Akan tetapi menurut responden II dan VI golongan yang masih kafir tidak termasuk golongan mualaf, kerena syarat menerima zakat harus beragama Islam. Adapun penafsiran mufassir terhadap makna al-muallafati qulûbuhum, secara umum memiliki kesamaan, para mufassir mengkategorikan mualaf terbagi menjadi dua golongan Pertama orang kafir, dan kedua Muslim. Golongan kafir terbagi dua, yaitu yang memiliki kecenderungan memeluk Islam, maka mereka dibantu, dan yang kedua mereka yang dikhawatirkan gangguannya terhadap Islam dan umatnya. Golongan Muslim terbagi menjadi: Pertama, mereka yang belum mantap imannya dan diharapkan bila diberi zakat, menjadikan iman mereka lebih mantap. Kedua, mereka yang mempunyai kedudukan dan pengaruh dalam masyarakat dan diharapkan dengan memberinya akan berdampak positif terhadap yang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: mr mahyudin S.IPust
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:56
Last Modified: 25 Jan 2024 00:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25971

Actions (login required)

View Item View Item