EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN KEPUSTAKAAN ISLAM BANJAR DAN PROBLEMATIKANYA DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM KALIMANTAN SELATAN (Studi pada Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, IAI Darussalam Martapura , dan STAI Rakha Amuntai)

Rahmawati, Laila and Wahdah, Siti (2024) PENGEMBANGAN KEPUSTAKAAN ISLAM BANJAR DAN PROBLEMATIKANYA DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM KALIMANTAN SELATAN (Studi pada Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, IAI Darussalam Martapura , dan STAI Rakha Amuntai). UIN Antasari, Banjarmasin.

[img] Text
Pengembangan Kepustakaan Islam Banjar & Problematikanya di PTAI Kalsel.pdf

Download (412kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang bahwa Perpustakaan perguruan tinggi agama Islam sebagai perpustakaan yang berada dibawah naungan perguruan tinggi Islam yang kegiatan belajar mengajarnya tidak lepas dari keterkaitan dengan nilai-nilai agama Islam, sudah pasti mempunyai pengguna yang kebanyakan membutuhkan kepustakaan Islam. Kepustakaan Islam merupakan informasi yang sifatnya utama (core collection), untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaan lokal perpustakaan harus menyediakan kepustakaan Islam berkearifan lokal (kepustakaan Islam Banjar). Mengetahui apa saja kepustakaan Islam Banjar, mendeskripsikan bagaimana pengembangan kepustakaan Islam Banjar dan mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dan apa solusi yang dilakukan dalam pengembangan kepustakaan Islam Banjar pada Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, IAI Darussalam Martapura, STAI RAKHA Amuntai. Metode penelitian bersifat deskriptif dengan subjek penelitian kepala perpustakaan dan pustakawan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan konsep analisis dari Miles dan Huberman dan pengujian dengan triangulasi Hasil penelitian secara keseluruhan yaitu: Subjek Utama Koleksi yaitu alqur‟an dan tafsir, ilmu hadits,ilmu kalam(Teologi), Fiqh, akhlak dan tasawuf, sosial dan budaya Islam, organisasi keagamaan orang Banjar filsafat dan perkembangannya, Psikologi Islam, aliran dan kepercayaan dalam Islam, sejarah agama Islam dan biografi tokoh dan Ulama Banjar. Pengembangan Kepustakaan Islam Banjar sudah ada kebijakan koleksi, dan kegiatan koleksi melalui 6 tahap kegiatan. Perpustakaan STAI RAKHA hanya melakukan pengadaan dan penyiangan saja dalam pengembangan kepustakaan Islam Banjar. Kendala secara keseluruhan yaitu terbatas koleksi terbitan lokal, dana, kurangnya SDM, sedangkan solusi yang ditawarkan yaitu menghubungi pengarang lokal, dana sumbangan bebas pustaka, meminta bantuan mahasiswa PKL, proposal permohonan bantuan koleksi.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:39
Last Modified: 28 Feb 2024 14:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26200

Actions (login required)

View Item View Item