EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kematian Menurut Komarudin Hidayat: Analisis Tasawuf Al-Ghazali

Rafi’i, Ahmad (2024) Kematian Menurut Komarudin Hidayat: Analisis Tasawuf Al-Ghazali. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI RAFI'I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI RAFI'I.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Selama ini perhatian dan kajian tentang kematian mulai ditinggalkan dan kurang mendapat tempat. Hal ini disebabkan ketakutan manusia yang laten terhadap kematian itu sendiri. Kematian adalah sebuah keniscayaan yang pasti datang kepada setiap yang mempunyai jiwa. Oleh karena itu semua orang memiliki kesempatan untuk mempersiapkan terhadap datangnya kematian. Penelitian mengenai kematian menjadi suatu tema yang penting untuk disemarakkan kembali, baik melalui penelitian ataupun kajian-kajian ilmiah. Salah satu penelitian tentang kematian yang bisa menjadi rujukan ialah kematian perspektif Komarudin Hidayat yang dapat dianalisis dengan menggunakan teori kematian al-Ghazali yang ada di kitab “Ihya Ulumuddin”. Penelitian ini merupakan penelitian literatur, dengan menggunakan pendekatan teori tentang kematian, dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer ialah data yang berupa kajian terhadap kematian menurut Komarudin Hidayat dari bukunya yang berjudul “Psikologi Kematian: Mengubah Ketakutan Menjadi Opitimisme” yang diterbitkan oleh PT Mizan Publika tahun 2006 dan “Berdamai dengan Kematian” yang ditebitkan oleh PT Mizan Publika tahun 2009. Sedangkan data sekundernya berupa kajian tentang kematian dari berbagai perspektif serta data-data lain yang dapat membantu dalam penelitian, termasuk data-data dari segi biografi dan ketokohan Komarudin Hidayat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kematian menurut Komarudin Hidayat ialah proses menuju kehidupan yang baru, bahkan disebut Komarudin sebagai kehidupan yang sejati. manusia pada umumnya mengalami kecemasan atau ketakutan untuk menghadapi kematian karena ketidaktahuan tentang situasi setelah kematian terjadi. Oleh karena itu perlu persiapan yang matang. Komarudin memberikan makna yang lebih dalam dan filosofis tentang kematian dengan perspektif psikologi. (2) Gagasan-gagasan al-Ghazali tentang makna, persiapan dan kematian yang indah dapat ditemukan dalam gagasan-gagasan Komarudin Hidayat, sehingga konsep makna kematian yang diungkapkan al-Ghazali dalam karyanya “Ihya Ulumuddin” dapat ditemukan dalam karya Komarudin Hidayat yang berjudul “Psikologi Kematian: Mengubah Ketakutan Menjadi Opitimisme” dan bukunya yang lain, yang berjudul “Berdamai dengan Kematian”

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:22
Last Modified: 19 Mar 2024 04:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26259

Actions (login required)

View Item View Item