EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

مناسبة السور عن يوم الاخر عند جلال الدين السيوطي (دراسة في كتاب تناسق الدرر في تناسب السور) / Munasabah Surah tentang Hari Akhir Perspektif Jalal al-Dīn al-Suyuthi (Studi dalam Kitab Tanāsuq al-Durar fī Tanāsub al-Suwar)

Saleha, Hairatu (2024) مناسبة السور عن يوم الاخر عند جلال الدين السيوطي (دراسة في كتاب تناسق الدرر في تناسب السور) / Munasabah Surah tentang Hari Akhir Perspektif Jalal al-Dīn al-Suyuthi (Studi dalam Kitab Tanāsuq al-Durar fī Tanāsub al-Suwar). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (770kB)
[img] Text
Abstrak B.pdf

Download (235kB)
[img] Text
الباب الأول (skripsi).pdf

Download (399kB)
[img] Text
الباب الثاني (Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
الباب الثالث (Skripsi).pdf

Download (423kB)
[img] Text
الباب الرابع (Skripsi).pdf

Download (684kB)
[img] Text
الباب الخامس (Skripsi).pdf

Download (136kB)
[img] Text
الملاحق الاخرة-dafpus.pdf

Download (349kB)
[img] Text
الملاحق الاخرة-lampiran akhir.pdf

Download (733kB)

ABSTRAK

Keindahan Al-Quran dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, salah satunya adalah dengan mempertimbangkan kesesuaian antara isi surah yang saling terkait. Kesulitan dalam memahami dan menguasai bidang Al-Quran melalui rangkaian ayat-ayatnya dapat menimbulkan pendapat bahwa surah-surah Al-Quran dan susunannya tidak teratur sebagaimana yang dikemukakan oleh para orientalis. Namun, adanya ilmu Munasabah dapat membantu memahami Al-Quran melalui penafsiran ayat-ayatnya. Hal ini menunjukkan bahwa Al-Quran bukanlah hasil karya manusia. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan hubungan antara surah-surah Al-Quran tentang tema Hari Akhir. Tema ini sering kali muncul dalam Al-Quran, dan penjelasan al-Suyuthi tentang tema Hari Akhir dalam hubungannya antara surah-surah yang terdapat dalam Kitabnya “Tanassuq al-Durar fi Tanasub al-Suwar”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi pustaka, karena menggunakan metode dokumentasi untuk semua data. Data diproses dengan menyaring, mengumpulkan, dan menganalisanya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ada dua jenis keterkaitan antara surah-surah dalam Al-Qur’an yang membahas hari kiamat. Pertama, keterkaitan antara awal surah dan akhir surah sebelumnya, dan kedua, keterkaitan antara konten kedua surah tersebut. Adapun alasan keterkaitan antara surah-surah tentang hari kiamat, sebagaimana dijelaskan oleh As-Suyuti, bervariasi, diantaranya adalah saling melengkapi antar dua ayat (al-talazum), kemiripan di ujung surah (al-tasyabuh fi athraf al-suwar), kemiripan di awal dan akhir atau pertengahan (al-tasyabuh fi al-mathla’ wa al-maqtha'), penyempurna (al-tatimmah), alasan (al-‘illah), rincian (al-tafshil), dan sumpah (al-Iqsam).

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:57
Last Modified: 03 Jun 2024 03:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26595

Actions (login required)

View Item View Item