EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perencanaan Perempuan Terhadap Jumlah Anak Selama Pernikahan (Studi Kasus di Kec.Kumai Kab.Kotawaringin Barat)

Azizah, Nur (2024) Perencanaan Perempuan Terhadap Jumlah Anak Selama Pernikahan (Studi Kasus di Kec.Kumai Kab.Kotawaringin Barat). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan keaslian tulisan (Nur Azizah).pdf

Download (51kB)
[img] Text
Bagian awal skripsi Nur Azizah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I (Nur Azizah).pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II Zizeh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III zizeh.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV zizeh.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V zizeh.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka zizeh.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran zizeh.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terhadap keputusan tidak memiliki anak dalam perencanaan yang akan dilakukan perempuan Kumai pada kehidupan pernikahan yang akan dijalani. Dalam hal ini ketika keputusan perencanaan itu terealisasikan maka seseorang itu telah menyalahi tujuan pernikahan itu sendiri sesuai hukum islam. Rumusan masalah pada skripsi ini mencakup bagaimana perencanaan perempuan kumai mengenai jumlah anak selama pernikahan baik yang sudah menikah ataupun yang akan menikah serta bagaimana alasan yang mendasari perempuan kumai tentang perencanaan memiliki anak atau tidaknya di dalam pernikahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosiologis hukum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Data yang digali mengenai bagaimana perencanaan dan alasan perempuan kumai terhadap jumlah anak yang akan dimiliki. Sumber data yaitu informan dengan 6 orang perempuan Kumai. Teknik pengumpulan data melalui editing dan deskripsi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam perempuan yang telah diwawancarai, tiga perempuan yang sudah menikah memilih untuk memiliki anak dalam kehidupan pernikahan mereka. Dari tiga perempuan yang belum menikah, satu orang ingin memiliki anak setelah menikah, sementara dua orang lainnya merencanakan untuk tidak memiliki anak. Analisis keputusan ini dilakukan dalam konteks maqashid syariah dan maslahah mursalah. Keputusan untuk memiliki anak setelah menikah sesuai dengan tujuan maqhasid syariah dalam menjaga keturunann (hifz al-nasl ) dan mendukung maslahah mursalah , yaitu kebaikan umum yang mencakup kesejahteraan sosial dan ekonomi jangka panjang. Sementara itu, keputusan untuk tidak memilki anak dapat diterima dalaam kerangka maqhasid syariah jika alasan yang mendasarinya adalah kesehatan, kondisi ekonomi, atau alasan pribadi lainnya yang berhubungan dengan menjaga jiwa (hifz al-nafs) dan menjaga akaal (hifz al-aql) Kesimpulannya, keputusan perencanaan anak oleh perempuan Kumai mencarminkan fleksibilitas syariah dalam menghadapi berbagai situasi individu dan sosial, serta fokusnya pada kesejahteraan dan kebaikan umum. Penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi perencanaan keluarga dan kebijakan terkait di wilayah tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:50
Last Modified: 08 Jul 2024 02:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27058

Actions (login required)

View Item View Item