EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Pesantren Melalui Wirausaha (Studi pada Pesantren Babussalam)

Kamil, Insan (2015) Strategi Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Pesantren Melalui Wirausaha (Studi pada Pesantren Babussalam). Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (244kB) | Preview

ABSTRAK

Pesantren sebagai lembaga pendidikan agama yang memiliki peran multi fungsi, baik agen perubahan sosial, agen pemberdayaan masyarakat maupun penjaga nilai budaya. Keunikan inilah yang menyebabkan pesantren dianggap sebagai sub kultur dari masyarakat indonesia, setiap pesantren memiliki tingkat kemajuan yang berbeda, termasuk peran sertanya dalam pemberdayaan ekonomi terutama untuk ekonomi pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kesejahteraan ekonomi yang dilakukan oleh pesantren melalui wirausaha LM3 Babussalam serta untuk mengetahui sistem pengelolaan wirausaha yang diterapkan oleh pesantren Babussalam. Pengelolaan usaha peternakan sapi, usaha tambak ikan, usaha pertanian padi dalam tahap percobaan dan rencana penambahan jenis usaha baru perkebunan sayur organik. Penelitian lapangan yang dilakukan pada wirausaha LM3 Babussalam di Jl. Patih Rumbih No. 22 RT. 45/04 Kuala Kapuas adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah teknik wawancara yang melakukan pertemuan langsung dengan narasumber untuk tanya jawab, serta teknik dokumentasi berupa teknik pengambilan data dari dokumendokumen yang memiliki keterkaitan dengan objek dan subjek penelitian. Setelah dilakukan penelitian diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, Pesantren Babussalam Kuala Kapuas telah melakukan strategi peningkatan kesejahteraan ekonomi dengan melakukan kegiatan wirausaha dalam sebuah lembaga yang bernama LM3 Babussalam. Kedua, pengelolaan wirausaha LM3 dilakukan dengan membagi sistem kepengurusan secara sistematis untuk menghindari gangguan pada proses belajar mengajar dan mencapai hasil kerja yang lebih menguntungkan untuk meningkatkan kesejahteraan pesantren.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:22
Last Modified: 14 Jul 2015 01:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item