EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Dakwah Pada Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banjarmasin

Nidaur, Rahmah (2015) Strategi Dakwah Pada Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Komunikasi.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (792kB) | Preview

ABSTRAK

Kegiatan keagamaan tidak hanya dilaksanakan di sarana ibadah, kalangan masyarakat serta majelis ta’lim saja, namun sudah mulai dilaksanakan oleh sebagian sekolah di kota Banjarmasin, bukan hanya sekolah agama saja yang melaksankan namun sekolah umum juga sudah mulai aktif melaksanakan kegiatan keagamaan. SMPN 2 Banjarmasin lebih awal dari tahun 2003 dan sudah aktif melaksanakan kegiatan keagamaan, sehingga sekolah tersebut dijadikan sekolah percontohan berbudi pekerti dalam bidang keagamaan. Permasalahan yang diteliti adalah strategi dakwah pada SMPN 2 Banjarmasin analisis terhadap kegiatan keagamaan di sekolah, bentuk kegiatan keagamaan di sekolah, dan faktor yang berperan dan berpengaruh dalam keberhasilan dakwah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah di SMPN 2 Banjarmasin, Jl.Batu Benawa Komp. Mulawarman No.33 Rt.47 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Fokus penelitian ini adalah menelaah bagaimana strategi dakwah pada SMPN 2 Banjarmasin analisis terhadap kegiatan keagamaan di sekolah, apa saja bentuk kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, serta faktor yang berperan dan berpengaruh terhadap keberhasilan dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah pada SMPN 2 Banjarmasin analisis terhadap kegiatan keagamaan, apa saja bentuk kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, serta ingin mengetahui faktor apa saja yang berperan dan berpengaruh dalam keberhasilan dakwah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa di SMPN 2 Banjarmasin tersebut terdapat lima kegiatan keagamaan dengan stratgei dakwah yang berbeda yakni proses belajar mengajar mata pelajaran PAI dan BTA, membaca Juz ‘Amma, membaca QS. Yasin dan Asmaul Husna, Ceramah Agama, serta Peringatan Hari Besar Islam. Faktor yang berperan dan berpengaruh dalam keberhasilan dakwah adalah faktor kemampuan da’i dalam menggunakan strategi dakwah , faktor lingkungan sekolah dan tempat tinggal serta tersedianya fasilitas sarana dan prasarana dalam hal keagamaan yang mendukung, serta dukungan dari pihak sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:15
Last Modified: 14 Jul 2015 06:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item