EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Fungsi Jaminan Dalam Pembiayaan Musyarakah (Studi Pada PT Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin)

Syaifurrahman, Syaifurrahman (2015) Fungsi Jaminan Dalam Pembiayaan Musyarakah (Studi Pada PT Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin). Skripsi, Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (306kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini Bertolak dari pemikiran bahwa dalam fikih muamalah prinsip akad musyarakah pada dasarnya adalah kepercayaan (amanah), dimana masing-masing mitra menjadi seorang terpercaya bagi mitra yang berakad dengannya, sehingga dalam akad musyarakah masing-masing pihak tidak diperkenankan meminta adanya jaminan dari pihak lain, sedang dalam dunia perbankan dalam hal fasilitas pembiayaan musyarakah pihak bank mengharuskan adanya jaminan yang diberikan oleh nasabah ketika mengajukan permohonan pembiayaan musyarakah. Dalam pembahasan skripsi ini penulis mengangkat permasalah tentang bagiamana prosedur dan bagaimana fungsi jaminan dalam pembiayaan musyarakah pada PT Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakn metode penelitian lapangan (field research) yaitu dengan melakukan wawancara langsung dengan pihak berwenang di PT. Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin. Hasil penelitian Prosedur pembiayaan musyarakah yang diberikan oleh PT Bank Kalsel Syariah Cabang Banjarmasin adalah sebuah bentuk akad kerjasama antara bank dan nasabah dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi modal dan kerja dalam menjalankan suatu usaha yang produktif. Hasil keuntungan dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati dan salah satu pihak boleh meminta keuntungan yang lebih sesuai dengan porsi kerjanya, dan juga kerugian dibagi secara proporsional menurut modal yang disetorkan oleh masing-masing pihak. Dan pihak nasabah dimintakan untuk menyertakan jaminan tambahan kebendaan yang bernilai harga jual, sebagai bukti keseriusan dan cerminan rasa tanggung jawab nasabah untuk menjalankan kerjasama, serta sebagai sarana pihak bank dalam menjalankan prinsip kehati-hatian dalam pemberian pembiayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 12:49
Last Modified: 14 Jul 2015 12:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item