EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Budi daya Pohon Sengon Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Pendapatan di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala.

Noor, Fatmawati (2015) Budi daya Pohon Sengon Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Pendapatan di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala. Skripsi, Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (393kB) | Preview

ABSTRAK

Noor Fatmawati, 2015, Budi daya Pohon Sengon Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Pendapatan di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing (I) Dra. Hj. Nurwahidah, M,H.I. Pembimbing (II) Hj. Rabiatul Adawiyah, M.Ag. Kata kunci : Budi daya, Pohon Sengon, Pendapatan, Bahaur Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya kerusakan hutan dan kurangnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat membuat sebagian orang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Budi daya pohon sengon merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seseorang sekaligus untuk menghindari dari kerusakan hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran budi daya pohon sengon di desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala dan mengetahui bagaimana kontribusi budi daya pohon sengon sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dalam bidang ekonomi Islam, karenanya untuk memperoleh data yang diperlukan penulis melakukan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk mengolah data yang telah diperoleh, maka penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data yang meliputi editing, interpretasi dan matrikasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriftif dengan penelaahan dan pengkajian secara mendalam terhadap hasil penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa budi daya pohon sengon di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala dilakukan mulai dari persiapan pembibitan, memilih lokasi, persiapan lahan, penanaman, perawatan tanaman dan sampai pada pemanenan. Kontribusi yang dihasilkan dari budi daya pohon sengon di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan kuala meliputi 3 (tiga) hal yaitu adanya peningkatan pendapatan masyarakat, terciptanya lapangan pekerjaan, dan terjaganya kelestarian alam. Kesimpulan penelitian ini adalah budi daya pohon sengon di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala sudah ada sejak tahun 2009. Budi daya pohon sengon dilakukan dengan beberapa proses untuk mendapatkan batang pohon sengon yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Budi daya pohon sengon di Desa Bahaur Tengah Kecamatan Kahayan Kuala telah memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan terutama dalam hal peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan sekitar. Islam memperbolehkan perolehan harta dengan jalan bekerja dan berusaha dengan tujuan untuk memperoleh kemaslahatan. Seperti halnya budi daya pohon sengon, hal tersebut boleh dilakukan asalkan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:37
Last Modified: 28 Jul 2015 02:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item