EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Penyaluran Pembiayaan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu di Kabupaten Kotabaru (Januari 2013 - Desember 2013)

Rahmawati, Ainah (2014) Analisis Penyaluran Pembiayaan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu di Kabupaten Kotabaru (Januari 2013 - Desember 2013). Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
Bab I - V.pdf

Download (972kB) | Preview

ABSTRAK

Ainah Rahmawati. 2014. Analisis Penyaluran Pembiayaan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu di Kabupaten Kotabaru (Januari 2013 - Desember 2013), Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA, (2) Yulia Hafizah, M.EI Penelitian ini mengemukakan tentang analisis kualitatif Penyaluran Pembiayaan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu di Kabupaten Kotabaru (Januari 2013 - Desember 2013) dengan fokus masalah yaitu bagaimana mekanisme penyaluran pembiayaan dan perolehan yang dicapai serta kendala yang dihadapi oleh Bank Syariah Mandiri kantor cabang pembantu di Kabupaten Kotabaru (Januari 2013 – Desember 2013). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data tentang bagaimana mekanisme penyaluran pembiayaan, bagaimana perolehan yang mereka capai serta kendala yang terkait didalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan proses penyimpulan hasil penelitian dengan cara berfikir induktif, metode yang digunakan ialah metode kualitatif yaitu strategi meneliti yang lebih banyak memanfaatkan dan mengumpulkan informasi secara mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Analisis ini dilakukan dengan cara menelaah dan mengkaji secara mendalam terhadap data yang didapat, sehingga diperoleh kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam kajian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan mekanisme pembiayaan yang mereka lakukan sudah sesuai dengan prosuder yang ada yaitu berdasarkan peraturan dan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh Bank Syariah Mandiri yaitu setiap nasabah yang datang ke bank untuk meminta pembiayaan harus memenuhi semua persyaratan dari Bank serta Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri, namun pada akad pembiayaan modal kerja dan ivestasi mereka menggunakan akad murabahah tentu hal ini tidak sesuai dengan prinsip syariah yang menggunakan akad mudharabah dalam hal pembiayaan tersebut dan dalam mekanisme penyaluran pembiayaannya mereka juga menetapkan agunan yaitu sebesar 125% dari pembiayaan yang mereka berikan kepada nasabah dan perolehan pembiayaan yang dicapai Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu di Kabupaten Kotabaru pada Januari 2013 - Desember 2013 ternyata jauh dari target yang sudah di tetapkan oleh Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri di Banjarmasin. Hal ini di karenakan adanya perubahan sistem dari Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri, banyaknya nasabah yang tidak bisa memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh bank, serta tenaga kerja dari SDM yang masih kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 30 Jul 2015 23:57
Last Modified: 30 Jul 2015 23:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item