EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Biaya Administrasi Tabungan iB Muamalat Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin

Sari, Desi Noorlida (2015) Analisis Biaya Administrasi Tabungan iB Muamalat Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
Bab I - V.pdf

Download (448kB) | Preview

ABSTRAK

Desi Noorlida Sari. 2015. Analisis Biaya Administrasi Tabungan iB Muamalat Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, MH, (2) H. Sarmuji S.Ag, M.Ag Penelitian ini berlatar belakang masalah dari adanya perubahan biaya administrasi dari yang bersubsidi jika tabungan iB Muamalat >Rp 5.000.000,00 kemudian pada tahun 2010 menjadi Rp 7.500,00 secara merata karena tidak ada subsidi lagi dan pada bulan Desember 2013 dinaikkan lagi menjadi RP 10.000,00 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan biaya administrasi Tabungan iB Muamalat menjadi naik pada Bank Muamalat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field research) dengan menggali informasi melalui wawancara sebagai data penelitian. Data tersebut dianalisis untuk menemukan kesimpulan. Penelitian ini bersifat deskriptif. Kemudian dilanjutkan dengan proses analisis kualitatif, yaitu melakukan pembahasan terhadap data yang telah didapat berdasarkan hukum islam. Dari penelitian yang penulis lakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Biaya administrasi tabungan iB Muamalat digunakan untuk pengelolaan, pemeliharaan rekening dan pemeliharaan ATM. Hukum biaya administrasi (ujrah) diperbolehkan bagi mereka yang telah bekerja asal tidak ada salah satu pihak yang dirugikan, dan dilakukan atas dasar suka sama suka. Kebijakan biaya administrasi (ujrah) sebesar Rp 10.000,00 sudah ditetapkan oleh bank muamalat, namun sebagian nasabah mengeluhkan biaya administrasi yang terasa berat, karena nasabah sudah terbiasa dengan biaya administrasi ringan. Di lain pihak bank muamalat menganggap biaya administrasi tersebut sudah sesuai dengan perhitungan dari pembiayaan operasional. Kedua, Biaya Administrasi Tabungan Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin harus siap bersaing dengan biaya administrasi bank syariah lainnya, dan dilihat dari fasilitas bank muamalat seperti mesin ATM hanya 34 buah mesin ATM di seluruh Kalimantan Selatan, dan lebih banyak ATM Bersama. Namun Bank Muamalat terus menyebar dan memperbanyak mesin ATM untuk memuaskan nasabahnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 31 Jul 2015 06:22
Last Modified: 31 Jul 2015 06:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item