EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nuruddin I dan II Banjarmasin

Susanti, Gus (2018) Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nuruddin I dan II Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Gus Susanti. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nuruddin I dan II Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Konten dan Metodologi: Khairunnisa, S. Pd., M. Pd dan Pembimbing Bahasa dan Teknik Penulisan: Musyarrafah, S. Pd.,M. Pd. I. Kata Kunci Media Diorama, Hasil Belajar, IPA. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, karena media pembelajaran dapat memengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media diorama pada pembelajaran IPA materi hubungan sesama makhluk hidup merupakan salah satu media yang cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran, karena media ini membantu proses pengamatan siswa terhadap objek yang sulit dijangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau sejauh mana hasil belajar yang dicapai setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunaan media diorama pada mata pelajaran IPA materi hubungan sesama makhluk hidup pada siswa kelas IV di MI Nuruddin I dan II Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun ke lapangan untuk menggali sejumlah data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan pengukuran dan memerlukan data statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Nuruddin I dan II Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IV Nuruddin I sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan media diorama dan kelas IV Nuruddin II sebagai kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan media diorama namun hanya menggunakan media gambar yang ada di buku mata pelajaran IPA materi hubungan sesama makhluk hidup. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan media diorama. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil belajar siswa menggunakan media diorama untuk kelas eksperimen memiliki rata-rata 67,5 yang berada pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media diorama untuk kelas kontrol memiliki rata-rata 62,2 dan berada pada kategori “Cukup”. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media diorama di MI Nuruddin I dan II Banjarmasin terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV yang telah dibuktikan melalui uji U di mana didapat Zhitung = -6,538 sedangkan –Ztabel= -1,960 pada taraf nyata α = 5% diketahui harga Zhitung < –Ztabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Gus Susanti
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:16
Last Modified: 20 Aug 2018 07:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item