EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tabu dalam Budaya Banjar (Relevansinya Dengan Agama Islam)

Rahmat, Sholihin (2017) Tabu dalam Budaya Banjar (Relevansinya Dengan Agama Islam). In: Seminar Jejak Warisan Islam 2017, 3 - 4 April 2017, Banjarmasin.

[img] Text
Prosiding Jewaris.pdf

Download (932kB)

ABSTRAK

Budaya Banjar sarat dengan berbagai kearifannya. Diantara kearifan Budaya Banjar adalah dalam menyikapi perkara tabu yang diistilahkan dengan Pamali. Bentuk larangan yang terkandung dalam tradisi Banjar tersebut dimaksudkan untuk memberikan teguran secara halus agar larangan tersebut diperhatikan dan diindahkan. Kultur Banjar yang relegius telah mengakar kuat sejak zaman dulu hingga sekarang, namun itu tidak memberi garansi akan terus bertahan dan berkembang kalau tidak dibarengi dengan usaha yang serius untuk mempertahankan eksistensinya. Nilai-nilai pendidikan dalam ungkapan larangan (tabu, pamali) dalam Budaya Banjar relevan dengan konsep Islami dalam beberapa hal, meskipun ada kritikan tentang berbagai tulah (sanksi) yang terkadang dianggap irrasional. Namun pesan moral yang ingin disampaikan secara filosofis sangatlah baik. Paradigma baru dalam memaknai tabu (pamali) dalam Budaya Banjar perlu direformasi seiring dengan perkembangan pola pikir masyarakat Banjar saat ini yang sudah cukup dewasa dalam memaknai berbagai bentuk petuah tradisi yang diwariskan secara turun-temurun, dari generasi ke generasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: DR Rahmat Sholihin
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:57
Last Modified: 20 Sep 2018 03:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item