EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengaduan Konsumen pada Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Banjarmasin.

Agustina, Agustina (2019) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengaduan Konsumen pada Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (921kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan pemahaman terhadap hak dan kewajiban PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan) dalam melakukan transaksi, sehingga menimbulkan permasalahan yang disampaikan melalui pengaduan oleh Konsumen. pengaduan tersebut jika tidak ditangani dan diselesaikan pada akhirnya akan berpotensi menimbulkan kerugian bagi konsumen dan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen kepada PUJK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan pengaduan konsumen dan mengetahui hambatan dalam usaha peningkatan kualitas pelayanan pengaduan konsumen serta solusi untuk mengatasi hambatan dalam peningkatan kualitas pelayanan pengaduan konsumen tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Banjarmasin. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah data diobservasi terkumpul, lalu diolah dengan teknik editing dan deskripsi. Kemudian untuk memperoleh kesimpulan, dilakukan analsisis secara kualitatif terhadap data. Hasil penelitian Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengaduan Konsumen Pada Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Banjarmasin adalah pengembangan sumber daya manusia, penerapan CRM (Customer Relationship Management), Road Map mekanisme penyelesaian sengketa di sektor jasa keuangan, Pengawasan market conduct. Hambatan dalam usaha peningkatan kualitas pelayanan pengaduan konsumen terbagi menjadi dua segi yaitu segi eksternal melputi: kurangnya pemahaman dari masyarakat mengenai layanan pengaduan konsumen dan banyak konsumen yang tidak berniat baik kepada industri jasa keuangan serta dari segi internal meliputi: kurangnya sumber daya manusia yang memadai. Solusi untuk mengatasi hambatan peningkatan kualitas pelayanan pengaduan konsumen yaitu staf/pegawai OJK memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen dan memanfaatkan dengan sebaik mungkin dengan keterbatasan sumber daya manusia yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mujahid Muhammad
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:00
Last Modified: 21 Mar 2019 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item