EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perilaku Masyarakat Dalam Menjalani Masa Berkabung (Studi di Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau)

Mirayanti, Mirayanti (2019) Perilaku Masyarakat Dalam Menjalani Masa Berkabung (Studi di Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau). Skripsi, Syari'ah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya kebiasaan unik dari masyarakat di kelurahan Pulang Pisau kecamatan Kahayan Hilir kabupaten Pulang Pisau dalam menjalani masa berkabung (iḥdad). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gambaran prilaku masyarakat dalam menjalani masa berkabung (iḥdad), faktor yang melatarbelakangi perilaku masyarakat dalam menjalani masa berkabug (iḥdad), serta dampak sosial dari perilaku masyarakat dalam menjalani masa berkabung (iḥdad). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris (sosiologis), bersifat studi kasus, yang berlokasi di kelurahan Pulang Pisau kecamatan Kahayan Hilir kabupaten Pulang Pisau. Untuk mengumpulkan data yang dikumpulkan, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian diolah dengan teknik editing dan klarifikasi, kemudian menyajikan datanya dengan teknik deskripsi dan matrikasi. Untuk memperoleh kesimpulan hukumnya, dilakukan analisis secara kualitatif terhadap data yang didapat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perilaku masyarakat dalam menjalani masa berkabung di kelurahan Pulang Pisau kecamatan Kahayan Hilir kabupaten Pulang Pisau ini memiliki dua variasi dimana sebagian masyarakat nya berperilaku dengan tidak menjalankan masa berkabung (iḥdad) secara hukum Islam namun menjalankan secara adat kebiasaan dan sebagian lagi ada masyarakat yang tidak menjalankan masa berkabung (iḥdad) secara hukum Islam dan juga tidak menjalankan secara adat kebiasaan. Adat kebiasaan tersebut antara lain ialah dilarang memakan makanan atau sayur-sayuran yang mengandung getah seperti nangka, talas, rebung dan jantung pisang, serta dilarang juga memakan makanan yang mengandung kuah. Adapun Faktor yang melatarbelakangi perilaku masyarakat terdapat tiga faktor yaitu faktor pendidikan, faktor kebudayaan dan faktor agama. Dan dampak sosial dari perilaku masyarakat berdasarkan keterangan yang didapat dari informan ketika tidak menjalankan secara hukum adat adalah tidak ada dampak sosialnya. Namun menurut penulis perilaku ini berdampak negatif (kemunduran) terhadap sisi pola kehidupan masyarakat itu sendiri dan ada juga dampak positifnya yaitu masyarakat lain tidak ada yang mencemooh. Dan dari segi hukum Islamnya berdampak pada tidak terlaksananya nilai-nilai ibadah, karena tidak melaksanakan apa yang disyari’atkan oleh Allah Swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: MIRAYANTI MIRAYANTI WIDYA
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:16
Last Modified: 25 Jul 2019 07:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12455

Actions (login required)

View Item View Item