EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2016-2018)

Iriani, Elsa (2020) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2016-2018). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Surat pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (740kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Bab 1..pdf

Download (269kB)
[img] Text
Bab 2..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
Bab 3..pdf

Download (140kB)
[img] Text
Bab 4..pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab 5..pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (379kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerimaan pajak di Indonesia yang dari tahun ke tahun sangat jarang mampu mencapai target dan memiliki pencapaian yang tidak stabil. Upaya untuk mengoptimalkan penerimaan pajak pun mengalami banyak kendala, salah satunya adalah penghindaran pajak atau biasa disebut dengan tax avoidance. Dimana pengindaran pajak dilakukan dengan memanfaatkan celah yang terdapat dalam peraturan perpajakan yang ada untuk menghindari pembayaran pajak atau melakukan transaksi yang tidak memiliki tujuan selain untuk menghindari pajak (Wijaya, 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proksi kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan komisaris, dan komite audit pada corporate governance terhadap tindakan penghindaran pajak (tax avoidance). Variabel dependen yang diteliti adalah penghindaran pajak (tax avoidance) sedangkan variabel independennya kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan komisaris, dan komite audit. Populasi dalam penelitian ini merupakan 15 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) berturut-turut selama 3 tahun (2016-2018). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan komisaris dan komite audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tax avoidance dengan signifikansi sebesar 0,091. Komposisi dewan komisaris independen tidak memiliki pengaruh pengaruh signifkan terhadap tax avoidance dengan signifikansi sebesar 0,776. Jumlah dewan komisaris tidak memiliki tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tax avoidance dengan signifikansi sebesar 0,511. Komite audit tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tax avoidance dengan signifikansi sebesar 0,053. Dan secara simultan kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan komisaris, dan komite audit juga tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance dengan signifikansi sebesar 0,514.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 09 Sep 2020 23:02
Last Modified: 09 Sep 2020 23:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

View Item View Item