EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH SEKUMPUL MARTAPURA (PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH)

Amiruddin, Amiruddin (2020) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH SEKUMPUL MARTAPURA (PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (254kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (819kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
TESIS BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
TESIS BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
TESIS BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
TESIS BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (587kB)

ABSTRAK

Bank sampah sekumpul telah beroperasi sejak 2012 dan berupaya melakukan pemberdayan ekonomi kepada masyarakat melalui program tabungan sampah tanpa pelatihan namun ironinya masih banyak masyarakat yang belum menjadi bagian dari bank sampah sekumpul dengan menjadi mitra tabungan sampah jika dibandingkan demgan jumlah penduduk kelurahan Sekumpul, dilain hal pendapatan nasabah tabungan juga masih terbilang rendah untuk capaian bulanan, tentu banyak hal yang menjadi persoalan yang salah satunya juga paradigma masyarakat yang menyamakan Bank Sampah Sekumpul dengan Bank konvensional yang di dalamnya ada unsur ribawi. Melihat pentingnya mengetahui bagaimanana peran pemberdayaan Bank Sampah Sekumpul terhadap ekonomi masyarakat, aspek kemaslahatan yang diwujudkan dan mengetahui aspek hukum ekonomi syariahnya, hal tersebutlah yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, sejalan dengan rumusan masalah maka yang menjadi tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh Bank Sampah Sekumpul, 2) mengetahui kemaslahatan yang diwujudkan dalam pemberdayaan ekonomi nasabah, 3) mengetahui relevansi kegiatan pemberdayaan ekonomi nasabah dengan aspek maslahah dalam prespektif hukum ekonomi syariah, melalui kajian maqasid al-syariah dan maslahah mursalah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), Subjek penelitian adalah direktur Bank Sampah Sekumpul, teller Bank Sampah Sekumpul dan tenaga karyawan lainnya serta nasabah. Objek dalam penelitian ini adalah pemberdayaan ekonomi nasabah melalui bank sampah sekumpul dan relevansi pemberadayaan bank sampah sekumpul dilihat dari aspek maslahah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan ekonomi nasabah oleh Bank Sampah Sekumpul dilakukan melalui dua program: 1) Program tabungan sampah tanpa bunga, dan 2) Program pelatihan daur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomi (program pelatihan kreativitas). Kemaslahtan yang diwujudkan adalah kemaslahatan ekonomi dan kemaslahatan lingkungan. Adapun relevansi kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada aspek maslahah dapat dilihat melalui kajian maqasid al-syariah yaitu tentang pemeliharaan agama (hifzh al-din), memelihara jiwa (hifzh al-nafs) memelihara akal (hifzh al-‘aql), memelihara keturunan (hifzh al-nasl, memelihara harta (hifzh al-mal), sedangkan dari aspek maslahah mursalah dapat dilihat dari tingkat kemaslahatannya pada maslahah al-dhoruriyyah, al-maslahah al-hajjiyyah dan al-maslahah al- tahsinyyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Mar 2021 14:31
Last Modified: 07 Mar 2021 14:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item