EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

استراتيجيات تعلّم اللّغة العربية على ضوء أساليب تعلّم الطلاب (دراسة وصفية تحليلية في مركز اللغات بجامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجرماسين) "Strategi Belajar Bahasa Arab Berdasarkan Gaya Belajar Mahasiswa (Kajian Analisis Deskriptif di UPB UIN ANTASARI Banjarmasin)"

Nazifah, Lailatun (2021) استراتيجيات تعلّم اللّغة العربية على ضوء أساليب تعلّم الطلاب (دراسة وصفية تحليلية في مركز اللغات بجامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجرماسين) "Strategi Belajar Bahasa Arab Berdasarkan Gaya Belajar Mahasiswa (Kajian Analisis Deskriptif di UPB UIN ANTASARI Banjarmasin)". Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN LAILA IDR.pdf

Download (299kB)
[img] Text
AWAL LAILA IDR.pdf

Download (940kB)
[img] Text
ABSTRAK LAILA IDR.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I LAILA IDR.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II LAILA IDR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III LAILA IDR.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV LAILA IDR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V LAILA IDR.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LAILA IDR.pdf

Download (483kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAILA IDR.pdf

Download (603kB)

ABSTRAK

Strategi belajar merupakan satu hal yang penting dalam bidang pembelajaran, strategi belajar memberikan makna dari sebuah materi dan penerapannya dalam kehidupan siswa, strategi belajar juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami materi secara mendalam serta mendorong siswa untuk berhasil dalam belajar. Di sisi lain, terdapat gaya belajar yang merupakan satu langkah penting dalam kegiatan belajar yang memiliki hubungan positif terhadap hasil belajar. Sehingga gaya belajar adalah faktor terpenting yang mampu mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyingkap berbagai strategi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab berdasarkan kecendrungan gaya belajar yang mereka miliki (Visual, auditori, dan kinestetik) baik dari segi unsur bahasa (ashwat, mufradat, dan tarakib) maupun dari segi kemahiran berbahasa (istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa UPB Grup 22 tahun 2019 yang berjumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Adapun teknik pengolahan data dalam penelitian analisis deskriptif ini dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 60% mahasiswa grup 22 UPB 2019 mempunyai kecenderungan belajar dengan gaya visual, 35% mahasiswa merupakan pembelajar auditori, dan 5% dari mereka merupakan pembelajar kinestetik. Strategi belajar dari mahasiswa dengan kecenderungan gaya belajar visual adalah mereka perlu melihat sesuatu secara visual untuk lebih mudah memahami dan mengerti, mereka lebih nyaman belajar dengan penggunaan warna, garis, dan bentuk. Mahasiswa dengan kecenderungan visual lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada yang didengarkan dan lebih suka membaca daripada dibacakan. Strategi belajar dari mahasiswa auditori adalah dengan lebih mengandalkan pendengaran untuk menerima informasi dan ilmu pengetahuan, sehingga mahasiswa dengan tipe belajar auditori akan lebih mudah mengingat apa yang didengar daripada apa yang dilihat, lebih senang membaca dengan mengeluarkan suara, dan merasa kesulitan dalam tugas yang melibatkan visual.Strategi belajar dari mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik adalah belajar dengan melibatkan gerakan. Mereka merasa lebih mudah mempelajari sesuatu tidak hanya sekedar membaca, tapi juga mempraktikkannya. Dengan cara melakukannya atau menyentuh objek tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Aug 2021 05:37
Last Modified: 06 Aug 2021 05:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item