EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENANAMAN NILAI-NILAI HUBBUL WATHAN DI PONDOK PESANTREN (PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRA, PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTRA DAN PONDOK PESANTREN NURUL MA’AD PUTRA)

Abdullah, Abdullah (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI HUBBUL WATHAN DI PONDOK PESANTREN (PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRA, PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTRA DAN PONDOK PESANTREN NURUL MA’AD PUTRA). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Pernyataan Bermaterai.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstract.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
10. Lampiran-lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Nilai-nilai Hubbul Wathan dewasa ini semakin rapuh. Hal ini disebabkan gejala globalisasi yang mempersempit rasa cinta tanah air ", karena melemahnya kontrol diri bagi setiap warga Negara". Faktor lainnya adalah gejala Islam radikal yang acapkali menjadi keresahan nasional, serta fenomena degradasi moral bangsa Indonesia. Maka, penanaman nilai-nilai Hubbul Wathan patut ditanamkan kembali bagi generasi muda. Berdasarkan deskripsi tersebut, peneliti tertarik melakukan penyelidikan dengan rumusan masalah 1) Nilai-nilai Hubbul Wathan pada santri. 2) Strategi Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Pondok Pesantren Al Falah Putra, Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putra dalam penanaman nilai-nilai Hubbul Wathan terhadap para santri. 3) Faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai Hubbul Wathan terhadap para santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukkan hasil antara lain: Pertama, Nilai-nilai Hubbul Wathan di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Pondok Pesantren Al Falah Putra dan Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putra melalui pembiasaan dan pendidikan seperti mandri, jujur, amanah, memiliki sikap peduli terhadap sesama, tanggung jawab, disiplin dan mandiri, hormat dan santun; kasih sayang, peduli, dan kerjasama, percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, toleransi, cinta damai dan persatuan. Kedua. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Hubbul Wathan di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Pondok Pesantren Al Falah Putra dan Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putra dilakukan dengan baik secara perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Ketiga: faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai Hubbul Wathan terhadap santri berdasarkan hasil data penelitian diatas bisa di bagi menjadi dua, yaitu faktor pendukung dari program atau manajeman pondok dan juga faktor diluar lingkungan pondok pesantren. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai Hubbul Wathan melalui manajemen dari tiga pondok pesantren ini sudah bagus dari beberapa sisi seperti (planning), Pengorganisasian (organizing), implementasi serta evaluasi dan dari sisi luar lingkungan pondok seperti letak pondok pesantren yang strategis, dukungan dari masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai Hubbul Wathan ini pun beragam seperti santri yang masih melanggar peraturan dan kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:13
Last Modified: 22 Mar 2022 01:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item