EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH NAJWA SHIHAB PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB (Acara Mata Najwa: Edisi UU Cipta Kerja Mana Fakta Mana Dusta)

Riyana, Putri (2022) ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH NAJWA SHIHAB PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB (Acara Mata Najwa: Edisi UU Cipta Kerja Mana Fakta Mana Dusta). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (804kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Skripsi ini disusun dengan berlatar belakang pentingnya etika komunikasi dakwah dimiliki oleh komunikator yang berbicara dihadapan mad’u. Etika sangat berperan dalam kesuksesan penyampaian pesan komunikasi kepada mad’u. Najwa Shihab memiliki teknik presenting yang bagus untuk dijadikan panutan para jurnalis dalam memandu sebuah acara, di samping dia seorang presenter dia juga anak ulama besar yang berpengaruh dalam ilmu pengetahuan Islam yang ada di Indonesia yaitu Quraish Shihab. Najwa Shihab menarik perhatian mad’u bukan hanya dari masyarakat golongan umum, tapi khususnya untuk anak-anak millenial yang menjadikan anak-anak millenial lebih sadar atau terbuka tentang politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika komunikasi dakwah Najwa Shihab pada Channel Youtube Najwa Shihab (Acara Mata Najwa:Edisi UU Cipta Kerja Mana Fakta Mana Dusta). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan Analisis Etika Komunikasi Dakwah dengan metode dakwah infiltrasi dan teori ilmu komunikasi interaksi simbolik untuk mengklasifikasikan perkataan Najwa Shihab dalam Acara Mata Najwa pada episode UU Cipta Kerja Mana Fakta Mana Dusta. Dari analisis etika komunikasi dakwah yang dimiliki Najwa Shihab dalam Acara Mata Najwa pada episode UU Cipta Kerja Mana Fakta Mana Dusta, terdapat lima bentuk etika komunikasi dakwah yakni, qawlan sadida (perkataan yang benar sesuai fakta dan mengumpulkan data secara terperinci), qawlan karima (perkataan yang mulia dan bertatakrama), qawlan ma’rufa (perkataan yang baik menggunakan sindiran), qawlan layyina (perkataan yang lemah lembut) dan qawlan baligha (perkataan yang jelas, fasih dan tidak berbelit-belit). Ditemukan etika komunikasi dakwah yang paling dominan adalah qawlan sadida dengan aspek perkataan yang jujur dan benar disertai data-data yang sesuai dengan fakta dan qawlan baligha pada aspek perkataan yang mempunyai makna yang jelas sampai kepada pendengar, fasih dan tidak berbelit-belit.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 May 2022 07:20
Last Modified: 20 May 2022 07:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item