EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI TK INKLUSI CEMARA BANJARMASIN

Astuti, Dewi (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI TK INKLUSI CEMARA BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (634kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Implementasi manajemen peserta didik adalah layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan, dan layanan peserta didik di kelas maupun di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individu seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang tidak membeda-bedakan kondisi peserta didik dalam memberikan layanan pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen peserta didik di TK Inklusi Cemara Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok A2, dan seluruh peserta didik di kelompok A2. Objek penelitian ini adalah implementasi manajemen peserta didik di TK inklusi Cemara Banjarmasin, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh keterangan bahwa implementasi manajemen peserta didik di TK Inklusi Cemara Banjarmasin meliputi: perencanaan penerimaan peserta didik baru, yang terdiri dari: rapat sebelum penerimaan peserta didik baru, pembentukan panitia penerimaan calon peserta didik, merumuskan syarat-syarat calon peserta didik, penyebaran informasi penerimaan peserta didik, pelaksanaan pendaftaran calon peserta didik, penerimaan dan pengumuman, pengelompokkan peserta didik, orientasi, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta kelulusan dan alumni. Faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu anak berkebutuhan khusus diterima tanpa diskriminasi dan keterlibatan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi yaitu tidak ada asesmen dan identifikasi, tidak ada guru pendamping khusus (GPK),tidak ada program pembelajaran individual (PPI), serta sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:54
Last Modified: 10 Aug 2022 02:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item View Item