EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Inklusi di Kota Banjarmasin

Sari, Nyai Rukmana (2023) Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Inklusi di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini didasari atas permasalahan dari pembelajaran agama Islam dan budi pekerti yang diberikan kepada ABK di sekolah inklusi masih terdapat ketimpangan. Hal ini terlihat pada pelaksanaan pembelajaran, keberadaan peserta didik, pemberian bahan ajar yang tidak sesuai dengan kurikulum yang berlaku bagi anak non ABK maupun anak ABKnya sendiri, jumlah GPKnya yang tidak menenuhi jumlah anak ABK, program yang dilaksanakan, lulusan yang dihasilkan, dan luaran yang ada. Sehingga dalam proses pengembangan pembelajaran yang ada harus dilakukannya evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, guru GPK. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi input pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar inklusi bahwa kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum 2013, dalam pelaksanaannya ada beberapa sekolah memodifikasi kurikulum tersebut dengan melihat pada kondisi atau kebutuhan ABK tersebut, melaksanakan tes dan diagnosa bagi peserta didik baru, guru dan GPK mempunyai latar belakang pendidikan yang sesuai, sarana dan prasarana yang masih kurang dalam memfasilitasi pembelajaran bagi anak ABK di kelas. (2) Evaluasi proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar inklusi dalam proses perencanaannya guru menggunakan RPP dalam mengajar yang didukung dengan sumber belajar berupa buku. Pelaksanaan yang dilakukan guru mulai dengan membuka pembelajaran, mengajak siswa untuk memperhatikan penjelasan materi, dan diakhir materi guru melakukan evalusi berupa tanya jawab, pemberian soal, kuis-kuis, dan lainnya. Materi yang diajarkan oleh guru sesuai dengan buku paket dan RPP yang sudah disusun sebelumnya. Dalam mengajar guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pendekatan personal, reading aloud. Media yang digunakan papan tulis, kertas bermain. (3) Evaluasi output dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar inklusi semua siswa dapat saling menghargai satu sama lain. Timbulnya sikap percaya diri bagi anak ABK serta bisa mengembangkan pengetahuan dan mengendalikan sikap emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:04
Last Modified: 28 Feb 2023 08:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22269

Actions (login required)

View Item View Item