EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penyelesaian Masalah Dalam Pembiayaan Murabahah Pada Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin

Rahman, Fahruji (2018) Penyelesaian Masalah Dalam Pembiayaan Murabahah Pada Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (604kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Fahruji Rahman. 2018. Penyelesaian Masalah Dalam Pembiayaan Murabahah Pada Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin. Skiripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Dr. Mahmud Yusuf, MSI (II) Imam Alfiannor, MHI. Kata Kunci : Penyelesaian Masalah Pembiayaan Murabahah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai strategi dan analisis untuk menanggulangi masalah dalam pembiayaan murabahah seperti analisis 6C+1S didalam transaksi untuk melakukan penilaian pembiayaan di Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin akan tetapi tetap saja mengalami kendala dan masalah dalam pembiayaan murabahah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti penyelesaian yang digunakan Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin untuk menyelesaikan masalah dalam pembiayaan Murabahah, agar koperasi tidak mengalami kerugian dan mampu mengatasi masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem pembiayaan murabahah dan faktor penyebab terjadinya masalah serta untuk mengetahui bagaimana cara penyelesaian masalah dalam pembiayaan murabahah pada Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Untuk mendapatkan data yang diperlukan, maka penulis langsung turun ke Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Kota Banjarmasin tersebut untuk melakukan observasi dan wawancara langsung kepada pimpinan/manajer Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah serta bagian marketing dan costumer care. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembiayaan murabahah pada koperasi konsumen syariah Arrahmah adalah penyediaan dana atau kredit oleh koperasi konsumen syariah Arrahmah untuk transaksi jual beli barang harga pokok ditambah margin/keuntungan berdasarkan kesepakatan dengan anggota pengguna jasa yang harus membayar sesuai dengan akad. Pembiayaan bisa melalui pemesanan dengan objek pembiayaan yang sesuai dengan syariat Islam yang tidak melanggar ketentuan agama islam. Adapun faktor yang menyebabkan masalah dalam pembiayaan murabahah di koperasi konsumen syariah Arrahmah yaitu faktor internal dari pihak koperasi seperti kelalaian dalam pengawasan yang lepas dan faktor eksternal dari anggota pengguna jasa seperti kartakter tidak mau bayar, musibah yang menimpanya, dan kondisi perekonomian yang kurang baik. Penyelesaian yang dilakukan oleh koperasi yaitu menitipkan objek pembiayaan sampai anggota pengguna jasa mampu untuk melanjutkan pembiayaan, apabila tidak mampu untuk melanjutkan pembiayaan maka objek pembiayaan tersebut dijual untuk menutupi sisa hutang anggota pengguna jasa, apabila terdapat kelebihan dari penjualan objek pembiayaan maka akan diserahkan kepada anggota pengguna jasa dan misalkan terdapat kekurangan setelah dikurangi hutang maka anggota pengguna jasa wajib melunasi sisa hutangnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:35
Last Modified: 12 Jul 2018 07:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item