EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penilaian Hasil Belajar Fikih Menurut Kurikulum 2013 Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin

Baroroh, Luk Luk Ul (2018) Penilaian Hasil Belajar Fikih Menurut Kurikulum 2013 Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (825kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Luk Luk Ul Baroroh. 2018. Penilaian Hasil Belajar Fikih Menurut Kurikulum 2013 Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbin (I): Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA, pembimbing (II): Drs. H. Alfian Khairani, M.Pd.I Kata Kunci : Penilaian Hasil Belajar Fikih, Kurikulum 2013 Berdasarkan pada penjajakan awal ke Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin, diketahui bahwa guru mata pelajaran fikih di madrasah tersebut mengalami kesulitan mengelola waktu dalam melaksanakan proses penilaian hasil belajar fikih. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penilaian hasil belajar fikih menurut kurikulum 2013, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam penilaian hasil belajar fikih menurut kurikulum 2013 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai penilaian hasil belajar fikih menurut kurikulum 2013 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru fikih 1 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penilaian hasil belajar fikih menurut kurikulum 2013 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasi, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan teknik analisis data menggunakan koleksi data, klasifikasi data, editing data, dan menggunkan metode diskriptif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif tentang proses penilaian hasil beljar fikih menurut kurikulum 2013 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses penilaian hasil belajar fikih menurut kurikulum 2013 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin adalah sebagai berikut: Guru fikih memahami tentang penilaian, pengertian penilaian, fungsi, dan tujuan penilaian. Jenis penilaian ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaiannya mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Acuan penilaian menggunakan Ketuntasan Kriterian Minimal (KKM). Teknik penilaian sikap mencakup observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Teknik penilaian pengetahuan mencakup testertulis, tes lisan, dan penugasan. Teknik penilaian keterampilan mencakup teknik praktek, proyek, dan portofolio.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Skripsi Luk Luk Ul Baroroh
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:28
Last Modified: 11 Jan 2019 06:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item