EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Adab Murid Terhadap Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banjar Martapura Kabupaten Banjar

Nanda, Nadia Lutfhia (2019) Adab Murid Terhadap Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banjar Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adab merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh murid, beradab terhadap guru berarti murid telah menghormati dan memuliakan guru. Dimana dalam Islam adab bergaul yang baik merupakan salah satu yang sangat dianjurkan, lebih-lebih lagi terhadap guru, karena guru adalah orang yang sangat berjasa dalam pembentukan manusia yang berilmu, beriman, bertakwa, sehingga tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana adab murid terhadap guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banjar Martapura Kabupaten Banjar yang meliputi bentuk-bentuk adab murid terhadap guru, dan peran guru dalam membina adab, serta factor-faktor yang mendukung dan menghambat adab murid terhadap guru, baik itu faktor yang berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah adab murid terhadap guru yang terdiri dari bentuk-bentuk adab, dan peran guru dalam membina adab, serta faktor pendukung dan penghambat adab terhadap guru di MAN 4 Banjar. Sedangkan subjeknya adalah guru mata pelajaran akidah akhlak dan siswa MAN 4 Banjar. Berdasarkan hasil penelitian bawa adab murid terhadap guru di MAN 4 Banjar dapat dikatakan sudah baik dalam menerapakan adab terhadap guru ketika mereka berada di linkungan sekolah dengan terus-menerus murid menerapkan adab-adab tersebut, namun masih ada yang harus diperbaiki. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung adalah faktor keluarga meliputi bimbingan orang tua, bimbingan dan perhatian orang tua, teladan orang tua dan faktor lingkungan sosial yaitu lingkungan sekolah yang terdiri dari teman bergaul di sekolah, nasehat dan teladan guru serta lingkungan masyarakat yang terdiri dari teman bergaul di masyarakat dan lingkungan tempat tinggal. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, diproses melalui editing dan reduksi data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nadia Lutfhia Nanda
Date Deposited: 25 Jun 2019 01:05
Last Modified: 25 Jun 2019 01:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item