EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Representasi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah terhadap poster ulama K.H. Muhammad Zaini sebagai Identitas Muslim

Hidayat, Rahmat (2019) Representasi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah terhadap poster ulama K.H. Muhammad Zaini sebagai Identitas Muslim. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (863kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (672kB)

ABSTRAK

Di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Hulu Sungai Tengah, banyak masyarakat yang mempunyai poster-poster ulama. Poster tersebut biasanya para guru-guru besar, para Habaib serta para Wali-wali. Poster ulama K.H. Muhammad Zaini, termasuk salah satu poster yang sangat mudah dijumpai, karena ketenaran beliau yang mendunia sehingga tidak heran foto-foto beliau dipajang di rumah masyarakat atau di tempat umum. Dalam kajian ini, peneliti tertarik tentang bagaimana representasi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah terhadap poster ulama K.H. Muhammad Zaini dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung ke lokasi penelitian untuk menggali data yang diperlukan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif terhadap masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang memiliki poster K.H. Muhammad Zaini sejumlah 44 orang, masing-masing 4 orang dalam 11 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Data disajikan melalui model representasi Charles Pierce, yang dipahami melalui tanda, obyek dan interpretan (penafsir). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah merupakan ekspresi dari keberagamaan masyarakat Hulu Sungai Tengah yang dekat dengan kultur tradisionalis. Ia menghadirkan konsep baru dalam diri interpretant yang berdampak positif, keteladanan, ketaqwaan, kebaikan yang membuat masyarakat termotivasi untuk mengikuti jejak langkah beliau. Kebanggaan dan kecintaan mereka terhadap figur K.H. Muhammad Zaini direpresentasikan oleh poster tersebut. Poster ini juga menrepresentasikan perasaan-perasaan seperti kelembutan hati, ketenangan, kedamaian ketentraman, kesenangan, kepercayaan diri dan kenyamanan, adanya harapan akan adanya keberkahan, keamanan dan keinginan untuk berkumpul dengan beliau di surga, bahkan mengingatkan mereka akan akhirat dan sebagai media teguran yang mengingatkan mereka. Dalam hal ini, poster tersebut juga mempresentasikan kehadiran beliau dalam kehidupan mereka karena merasa didakwahi secara langsung dengan melihat poster tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Rahmat Rahmat Hidayat Rahmat Hidayat
Date Deposited: 10 Jul 2019 05:27
Last Modified: 10 Jul 2019 05:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12051

Actions (login required)

View Item View Item