EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Materi Thaharah Pada Siswa di MTsS Ibnu Katsir Pekauman Banjarmasin

Zuhdi, Muhammad (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Materi Thaharah Pada Siswa di MTsS Ibnu Katsir Pekauman Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (347kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (297kB)

ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan beberapa komponen, yaitu pendidik, peserta didik, dan komponen lainnya dalam proses belajar-mengajar yang saling mempengaruhi satu sama lain dalam rangka tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Pembelajaran Fiqih thaharah merupakan ilmu yang penting karena thaharah merupakan suatu syarat sahnya ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan pembelajaran Fiqih materi thaharah di MTsS Ibnu Katsir dan untuk mengetahui apa saja metode yang digunakan dan bagaimana praktik yang dilaksanakan dalam pembelajaran Fiqih thaharah di MTsS Ibnu Katsir Pekauman, Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Fiqih dan siswa kelas VII MTs yang ada di MTsS Ibnu Katsir Banjarmasin, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran Fiqih materi thaharah di MTsS Ibnu Katsir Banjarmasin. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Fiqih materi thaharah di MTsS Ibnu Katsir dari segi pelaksanaannya yaitu menggunakan kurikulum 2013, dalam perencanaannya guru Fiqih juga membuat program tahunan, program semester, silabus dan RPP untuk memudahkan proses pembelajaran. Metode yang biasa digunakan pada saat pelaksanaan pembelajaran yaitu metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Dalam menggunakan metode tersebut guru Fiqih biasanya menggabungkan langsung dua macam metode, bisa dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab atau metode ceramah dengan demonstrasi. Praktik thaharah yang dilakukan pada siswa-siswi kelas VII MTsS yaitu cara menghilangkan najis, wudhu dan tayammum. Dalam praktik wudhu guru Fiqih mempraktikkan di dalam kelas terlebih dahulu cara menyapu anggota wudhu dan kemudian dipraktikkan langsung di lapangan ketika hendak melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Adapun praktik yang lainnya guru Fiqih hanya melakukannya di dalam kelas dengan dibantu media yang tersedia di dalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD Z MUHAMMAD ZUHDI MUHAMMAD ZUHDI
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:32
Last Modified: 29 Jul 2019 03:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item