EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengobatan dengan Ayat Alquran di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa Desa Purwosari 1 Kec. Tamban Kab. Batola

Hakim, Abdul (2019) Pengobatan dengan Ayat Alquran di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa Desa Purwosari 1 Kec. Tamban Kab. Batola. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Alquran merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan umat muslim dan tidak dapat dipisahkan darinya. Pada kehidupan umat Islam ayat-ayat Alquran banyak yang diamalkan, dibaca, serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari segi aspek ibadah, pengobatan, pelajaran, amalan, serta dalam ritual-ritual masyarakat. Hal itu semua karena mereka mempunyai belief (keyakinan) bahwa berinteraksi dengan Alquran secara maksimal akan memperoleh kebahagian dunia akhirat. Dalam penelitian ini penulis mengungkap ayat-ayat yang diamalkan dan pemahaman M. Arif Hakim terhadap ayat-ayat Alquran yang dijadikan dasar pengobatan, serta metode pengobatan yang ada di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa. Dengan permasalahan apa saja ayat Alquran yang digunakan sebagai media pengobatan di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa, bagaimana pemahaman M.Arif Hakim terhadap ayat-ayat Alquran yang diamalkan di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa sebagai pengobatan, dan metode pengobatan yang di lakukan M. Arif Hakim di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-shafa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Desa Purwosari 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data penulisan mengggunakan observasi, interviu, dan dokumentasi. Adapun Metode dalam pengumpulan data yaitu: Pertama Observasi yang langsung terjun ke lokasi penelitian. Kedua intervieu dengan responden mengenai pemahaman ayat-ayat Alquran yang dijadikan media pengobatan di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa Desa Purwosari 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Ketiga dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh selama observasi dan intervieu. Ayat-ayat Alquran yang diamalkan di Perguruan Silat Laskar Ikhwan Ash-Shafa ada dua ketegori yaitu: pertama ayat-ayat tambahan yang terkait dengan kegunaannya sebagai pengobatan, ayat-ayat ini biasanya tidak diamalkan secara mendalam, seperti surah al-Fâtihah, al-Falaq, an-Nâs dan ayat Kursi (al-Baqarah 2/255). Dan yang kedua ayat-ayat khusus (doa-doa) yang dimaksud disini ialah adanya pengambilan ayat-ayat tertentu yang dikombinasikan dengan Asma Allah, Selawat dan zikir yang biasanya pengamalan ayat-ayat tersebut setelah selasai salat fardhu (wajib).

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Abdul Haki Abdul Hakim Abdul Hakim
Date Deposited: 10 Feb 2020 06:48
Last Modified: 10 Feb 2020 06:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item