EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV MIN 15 HSU

Fitria, Maulida (2020) Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV MIN 15 HSU. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Permainan edukatif merupakan kegiatan bermain sambil belajar yang bersifat menyenangkan sekaligus mendidik. Permainan tersebut dengan sengaja dirancang untuk kepentingan kemajuan dunia pendidikan. Para siswa secara tidak langsung diajak untuk mempelajari suatu materi pembelajaran dari hasil kegiatan bermain, sehingga sangat diperlukan rencana dan rancangan yang matang sebelum dilaksanakannya sebuah permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan permainan edukatif, untuk mengetahui hasil belajar matematika tanpa permainan edukatif, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika dengan permainan edukatif dan tanpa permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menngunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol (tanpa permainan edukatif) dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen (dengan permainan edukatif). Materi yang diajarkan adalah bilangan pecahan. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan data kemampuan akhir siswa diambil dari nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melakukan permainan edukatif di kelas kelompok eksperimen mendapatkan hasil belajar meningkat sebesar 22 dari nilai rata-rata pretest 51,5 berada pada kualifikasi cukup menjadi 73,5 pada nilai rata-rata posttest berada pada kualifikasi amat baik. Sedangkan, hasil belajar matematika di kelas kelompok kontrol mendapatkan hasil belajar hanya meningkat sekitar 10,5 dari nilai rata-rata pretest 49,5 berada pada kualifikasi kurang menjadi 60 pada nilai rata-rata posttest berada pada kualifikasi cukup. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika dengan permainan edukatif dan tanpa permainan edukatif. Hal ini berdasarkan hasil uji T yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Maulida Maulida Fitria Fitria
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:05
Last Modified: 25 Feb 2020 07:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item View Item