EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Hulu Sungai Selatan

Susan, Meri (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (581kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dikarenakan metode yang dibawakan kurang bervariasi dan media yang digunakan kurang maksimal. Sehingga menyebabkan kesenjangan dalam pembelajaran. Pada madrasah ini juga terdapat Lab. Bahasa Arab namun tidak digunakan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Hulu Sungai Selatan dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab di MIN 14 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pengumpulan data Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data diperoleh menggunakann teknik wawancara, observasi dan dokumentasi . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di MIN 14 Hulu Sungai Selatan sudap cukup baik dikarenakan sebelum pembelajaran dimulai, guru sudah menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan ketika pembelajaran mulai guru langsung saja menggunakan pedoman RPP yang telah disiapkan di awal semester. Dari segi pelaksanaan yang dibawakan oleh guru kurang mengacu pada pedoman RPP yang telah disiapkan dan guru menggunakan alur pembelajaran sesuai dengan buku yang dibawakannya, ketika pada saat pembelajaran berlangsung metode dan media yang dibawakan oleh guru sesuai dengan materi yang diajarkan namun kurang bervariasi. Pada akhir pembelajaran guru meminta peserta didik untuk menguaikan materi yang didapat pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Arab dilihat dari segi latar belakang pendidikan guru Bahasa Arab yang berasal dri lulusan IAIN Antasari Banjarmasin dengan jurusan yang di ambil adalah Pendidikan Bahasa Arab, sedangkan pengalaman mengajar beliau dimulai dari tahun 2005 atau setelah lulus dari kuliah. Sarana dan prasarana di sekolah cukup memadai serta letak sekolah yang cukup strategis jauh dari permukiman warga dan didekat sawah warga, sekolah ini juga jauh dari jalan besar sehingga kebisingan kendaraan bermotor tidak mengganggu pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Meri Susan Meri Susan Meri Susan
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:12
Last Modified: 28 Feb 2020 01:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13795

Actions (login required)

View Item View Item