EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Tabungan Mabrur di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Amuntai (Studi Kasus Tentang Transparansi Akad)

Padillah, Haris (2020) Pengelolaan Tabungan Mabrur di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Amuntai (Studi Kasus Tentang Transparansi Akad). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Masyarakat Indonesia sangat berantusias untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bermunculan produk yang ditawarkan bank syariah untuk menunaikan niat nasabahnya untuk pergi haji, seperti halnya Bank Syariah Mandiri KCP Amuntai. Hal ini juga yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengangkat judul Pengelolaan Tabungan Mabrur di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Amuntai (Studi Kasus Tentang Transparansi Akad). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil penyajian data dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan Bank Syariah Mandiri KCP Amuntai Bapak Yuliza Rahman, 2 orang karyawan/karyawati, dan 6 orang nasabah. Adapun objek penelitian ini adalah pengelolaan tabungan mabrur dan akadnya. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpu, peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pertama, pengelolaan dana tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri KCP Amuntai menggunakan metode the pooled of approach, yaitu dilakukan sistem pooling (dikumpulkan) terlebih dahulu di bank pusat, setelah itu barulah dibagikan lagi ke bank-bank cabangnya untuk dikelola ke dalam pembiayaan-pembiayaan yang sesuai syariah, seperti pembiayaan griya berkah, pembiayaan kendaraan berkah, dan lain-lain. Bagi hasil yang diterapkan di Bank Syariah Mandiri KCP Amuntai yaitu sebesar 8% untuk nasabah dan 92% untuk pihak bank, fungsi-fungsi manajemen (POAC) juga diterapkan oleh pihak Bank Syariah Mandiri KCP Amuntai dalam mengelola tabungan mabrur ini. Kedua, akadnya sudah sesuai dengan syariah yaitu akad mudharabah muthlaqah, nasabah setuju dengan penjelasa customer service, persetujuan akad antara nasabah dan pihak bank dilakukan di meja customer service, setelah itu nasabah diarahkan menuju teller untuk menyetorkan dana hajinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HARIS PADI HARIS PADILLAH HARIS PADILLAH
Date Deposited: 20 Mar 2020 00:30
Last Modified: 20 Mar 2020 00:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item View Item