EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Isi Etnografi Terhadap Komentar Viewers Dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad Lc, M.A Tentang Salat diYouTube

Sasmita, Lia (2020) Analisis Isi Etnografi Terhadap Komentar Viewers Dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad Lc, M.A Tentang Salat diYouTube. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (387kB)

ABSTRAK

Realita di lapangan menunjukan bahwa kehadiran ceramah agama dimedia sosial sangat diperlukan, karena dengan adanya ceramah agama yang disiarkan dimedia sosial tersebut umat Islam dapat lebih efektif belajar dan mengkaji ajaran-ajaran agama Islam tanpa harus menghadiri suatu perkumpulan. Apalagi kehadiran ceramah keagamaan tersebut disiarkan oleh ustaz-ustaz ternama di Indonesia yang hebat dalam menyampaikan materi dakwahnya serta argumennya, salah satunya adalah ustaz Abdul Somad Lc, MA, beliau memiliki ciri khas dalam hal menyampaikan materi dakwahnya dan juga isi yang disampaikan beliau selalu membuat orang menjadi tertarik untuk mendengarkan dan mengomentari cermah beliau yang ada diYouTube. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komentar viewers dalam ceramah ustaz Abdul Somad LC, M.A tentang salat di YouTube, yang mana berkenaan dengan metode dakwah, media dakwah, karakter dai, efek dakwah, doa, dan materi dakwah. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu pertama-tama mengumpulkan data, pengumpulan data dilakukan dengan cara membuka YouTube, lalu masukkan kata kunci “UAS” dan “Sholat” kemudian video yang ditemukan didownload begitu pula dengan komentar-komentar penonton didownload menggunakan aplikasi YouTube Comment Scraper, yaitu : http://ytcomments.klostermann.ca/. File yang diunduh dalam bentuk teks yang selanjutnya akan dianalisa. Data yang sudah terkumpulkan kemudian diolah dengan beberapa cara yaitu, familiriasisasi dengan data yaitu membaca sekilas data yang sudah terkumpul, lalu membuat coding dengan cara mencari kata kunci, berikutnya mencari tema berdasarkan coding yang telah dibuat dengan cara mengklasifikasikan temuan coding kedalam kategori-kategori, selanjutnya meninjau ulang tema yang telah dibuat, lalu mendefinisikan dan memberi nama tema yang ditemukan. Metode dakwah yang digunakan dalam ceramah ustaz Abdul Somad diYouTube adalah metode al-maū’iẓha al-ḥasanah, sedangkan media dakwahnya sendiri termasuk dalam media dakwah melalui audio visual karena merujuk kepada penggunaan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual). Karakter dai (ustaz Abdul Somad) diantaranya adalah cerdas, lucu, bijaksana, kreatif, pintar, jenius. Karakter dai sendiri merupakan komponen dari unsur unsur dakwah yang termasuk kedalam bagian dari dai (pelaku dakwah). Mengenai efek dakwah yang dirasakan oleh penonton ceramah ustaz Abdul Somad tentang salat diYouTube mencakup efek kognitif, efek afaktif dan efek. Sedangkan Doa mencakup tiga bagian yaitu doa untuk ustaz atau dai, doa untuk umum atau orang banyak, doa untuk diri sendiri. Doa sendiri merupkan komponen dari unsur unsur dakwah yang termasuk kedalam bagian efek dakwah. Sedangkan Materi dakwah yang termasuk dalam ceramah ustaz Abdul Somad tentang salat diYouTube adalah materi tentang ibadah yang mana ibadah tersebut termasuk kedalam bagian materi syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATU NOOR RATU NOOR KHALIDAH RATU NOOR KHALIDAH
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:53
Last Modified: 12 Aug 2020 03:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14635

Actions (login required)

View Item View Item