EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERLAKUAN UANG MUKA NASABAH PADA PEMBIAYAAN KPR GRIYA iB HASANAH DI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG BANJARMASIN

Anggraini, Tya (2020) PERLAKUAN UANG MUKA NASABAH PADA PEMBIAYAAN KPR GRIYA iB HASANAH DI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - TYA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (948kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pembiayaan kepemilikan rumah di kalangan masyarakat kota Banjarmasin terhadap LKS. Pembiayaan tersebut dilakukan hanya dengan menyetorkan uang muka terlebih dahulu serta uang muka yang dibayarkan nasabah akan berbeda prosentasinya jika nasabah datang ke pihak bank dan jika nasabah yang datang ke pihak developer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme perlakuan uang muka, alasan terjadinya perbedaan perlakuan uang muka, dan kesesuaian perlakuan prosentasi uang muka nasabah pada pembiayaan KPR Griya iB Hasanah di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin dengan aturan BI. Penelitian ini melakukan penelitian lapangan(field research), dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif normatif. Lokasi penelitian ini bertempat di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang A. Yani Banjarmasin. Hasil penelitian: Pertama, mekanisme perlakuan uang muka nasabah pada pembiayaan KPR Griya iB Hasanah di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin melalui 2 cara. Cara 1, nasabah langsung datang ke bank dan membayar uang muka terlebih dahulu sebelum akad dilakukan. Cara 2, nasabah datang ke developer dan membayar melalui transfer. Kedua, mekanisme perlakuan uang muka memiliki perbedaan karena bank ingin lebih mempermudah nasabah dan dari segi ongkos tentunya akan lebih menguntungkan kedua belah pihak. Ketiga, dalam hal penentuan porsentasi perlakuan uang muka nasabah, pihak bank sudah mengikuti peraturan BI Nomor 20/8/PBI, yang menyebutkan bahwa prosentasi uang muka yang dibayarkan nasabah ialah dari 10-20%. Tetapi ada pengecualian untuk nasabah yang langsung membayar ke developer yaitu minimal sebesar 5%, karena bank memiliki kebijakan tersendiri untuk nasabah yang ingin mencari langsung pihak developer tersebut dan adanya prinsip kemaslahatan pada peraturan ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:00
Last Modified: 23 Dec 2020 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item View Item