EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MEKANISME PERTANGGUNG JAWABAN TERHADAP OBJEK GADAI DI PT PEGADAIAN SYARIAH MARTAPURA

Dewi, Helmina (2020) MEKANISME PERTANGGUNG JAWABAN TERHADAP OBJEK GADAI DI PT PEGADAIAN SYARIAH MARTAPURA. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pemeliharaan terhadap objek gadai oleh PT Pegadain Syariah Martapura. Untuk mengetahui mekanisme pertanggungjawaban terhadap objek gadai di PT Pegadaian Syariah Martapura. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang yang dilakukan dengan cara penelitian langsung kelapangan untuk mencari dan memperoleh data yang berkenaan dengan masalah yang penulist teliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunkana analisis data deskrptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 orang karyawan 1 orang penaksir dan 1 orang kasir PT Pegadaian Syariah Martapura. Data primer didapatkan dari hasil wawancara sedangkan data sekunder didapatkan dari data yang sudah tersedia seperti profil perusahaaan. Lokasi penelitian ini yaitu di PT Pegadaian Syariah Martapura Jalan A. Yani KM. 37.5 Sei Paring Martapura. Hasil penelitian menyatakan bahwa mekanisme pemeliharaaan objek gadai di PT. Pegadaian Syariah Martapura belum sesuai dengan SOP (Standar Operasional Pegadaian) yang di keluarkan, Namun ada beberapa hal yang seharusnya menjadi perhatian lebih seperti pengecekan barang gadai yang berupa emas dan alat elektronik yang tidak di cek kembali setelah barang tersebut di gadaikan lalu akan di cek kembali pada saat barang jaminan tersebut di tebus oleh nasabah. Adapun pembersihan dan pemanasan mesin motor dan mobil yang dilakukan hanya 1 kali dalam 2 minggu dan hal tersebut tidak sesuai dengan peraturan pegadaian tahun 2010, seperti dalam perturan dikatakan bahwa barang jaminan berupa emas dan barang elektronik harus di cek selama 1 minggu sekali dan untuk pemanasan mesin motor dan mobil minimal 3 hari sekali akan tetapi praktik-praktik di Pegadaian Syariah Martapura hanya 1 kali dalam 2 minggu. Kemudian mekanisme pertanggungjawaban jaminan yang rusak atau hilang pihak Pegadaian Syariah melakukan ganti rugi atau pembayaran sebesar 125% dikalikan Harga Pasar Gudang . Hal itu dilakukan jika terbukti atas kelalaian pihak Pegadaian Syariah Martapura.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:30
Last Modified: 26 Jan 2021 01:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item