EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kecamatan Banjarmasin Selatan

Ramidah, Ramidah (2021) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kecamatan Banjarmasin Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (320kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya peran guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa karena akhlak mulia menempati urutan teratas jika dibandingkan dengan skill. Dimana pun tempatnya aklak mulia mendapatkan tempat dihati masyarakat, oleh karena itu sangat perlu peran guru aqidah akhlak dalam memberikan contoh dan teladan yang baik bagi siswanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mebuktikan di lapangan bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak di MTs Negeri 4 Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fiedl Research), yaitu penelitian lapangan adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif , teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokuentasi, dalam pengolahan data digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru aqidah akhlak 1 orang, dan siswa 10 orang kelas VIII di MTs Negeri 4 Kecamatan Banjarmasin Selatan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa peran guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Negeri 4 Kecamatan Banjarmasin Selatan dilakukan dengan sangat baik. Guru berperan sebagai pembimbing, sebagai contoh dan sebagai penasehat. Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya pembinaan akhlak siswa dalam setiap kesempatan baik di dalam kelas melalui materi aqidah akhlak pada saat pelajaran aqidah akhlak maupun di luar kelas seperti dengan memberikan contoh perbuatan atau kebiasaan yang mencerminkan akhlak yang baik maupun dengan memberikan teguran dan nasehat serta sangsi kepada siswa yang melakukan pelanggaran. Adapun usaha yang dilakukan sekolah untuk pembinaan akhlak siswa dilakukan dengan memberikan materi pembelajaran aqidah akhlak yang meliputi akhlak kepada Allah, orang tua, teman dan lingkungan. Selain itu usaha pembinaan akhlak juga dilakukan dengan melalui pembina akhlak oleh guru melaui orang tua siswa, serta melalui pembinaan langsung kepada siswa terutama ketika siswa melakukan hal-hal yang tidak baik atau tidak terpuji. Namun demikian, pada kenyataannya pembinaan melalui orang tua belm atau tidak berjalan. Usaha lainnya dilakukan dengan pemberian contoh atau tauladan sikap dan perbuatan akhlakul karimah kepada siswa khususnya di lingkungan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:34
Last Modified: 03 Feb 2021 01:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

View Item View Item