EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kemampuan Membaca Alquran Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 8 Banjarmasin

Faisal, Muhammad (2021) Kemampuan Membaca Alquran Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 8 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (411kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Skripsi ini mengemukan kemampuan siswa dalam membaca alquran yang berdasarkan kaidah ilmu tajwid dengan latar belakang pendidikan siswa kelas X IIS 1 SMA 8 Banjarmasin. Adapun fokus penelitian ini kemampuan membaca Alquran siswa berdaasarkan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda dan faktor mendukung dan menghambat kemampuan siswa menerapkan kaidah ilmu tajwid dalam membaca alquran di SMAN 8 Banjarmasin. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Alquran dan faktornyang mendukung dan menghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa 21 siswa dari lulusan SMP, 7 siswa dari MTs dan 2 siswa dari lulusan pondok pesantren modern. sedangkan objek penelitiannya adalah kemampuan membaca Alquran berdasarkan latar belakang pendidikan siswa di SMAN 8 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi data, skoring dan intrepetasi data. Sedangkan analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata Kemampuan melafalkan huruf hijayyah dengan makharijul huruf siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP MTs dan Pondok Pesantren Modern di SMAN 8 Banjarmasin yang berlatar belakang pendidikan SMP dikategorikan mampu. Kemampuan membaca Alquran sesuai dengan ilmu tajwid dapat dikategorikan kurang mampu. Bagi siswa yang berlatar belakang pendidikan MTs kemampuan melafalkan huruf hijayyah dengan makharijul huruf dikategorikan sangat mampu. Kemampuan membaca AlQur’an sesuai dengan ilmu tajwid dapat dikategorikan mampu. Siswa yang berlatar belakang pendidikan pondok pesantren modern kemampuan melafalkan huruf hijaiyyah dengan makhrijul huruf dikatagorikan sangat mampu. Kemampuan membaca AlQur’an sesuai dengan ilmu tajwid dapat dikategorikan sangat mampu.Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Alquran terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat siswa dalam membaca Alquran dan motivasi siswa dalam membaca Alquran. Adapun faktor eksternal meliputi bimbingan orang tua dalam mendorong anaknya untuk membaca Alquran, serta lingkungan sosial siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Irwandy Sy Irwandy Syahputra Irwandy Syahputra
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:19
Last Modified: 03 Feb 2021 01:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item