EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI MI MUHAMMADIYAH 3 AL FURQAN

Ridha, M. Rasyid (2021) PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI MI MUHAMMADIYAH 3 AL FURQAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bagian Awal(1).pdf

Download (757kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV Revisi.pdf

Download (769kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran(1).pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengembangan diri merupakan suatu pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangankan potensi dan bakat yang ada pada anak didik, sehingga kedepannya mereka mampu bersaing hidup dalam lingkungan masyarakat dan berkembang menjadi diri mereka sendiri.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan pengembangan diri di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan meliputi kegiatan pengembangan diri Muhadaroh, Tahfizh dan Tilawah dan untuk mengetetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kegiatan pengembangan diri di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan meliputi faktor internal dan Eksternal.Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin, meliputi data tentang kegiatan pengembangan diri Muhadaroh, Tahfizh dan Tilawah. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu memaparkan gejala kejadian dan gejala yang muncul pada saat penelitian berlangsung sehingga menghasilkan data yang berupa kata-kata. Objek dalam penelitian ini yaitu kegiatan pengembangan diri Muhadaroh, Tahfizh dan Tilawah. Sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah guru pembimbing kegiatan dan santri sebanyak 112 orang santri yang terdiri dari 67 laki dan 46 perempuan Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara Dokumentasi, Wawancara dan Observasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan proses penyusunan laporan meliputi reduksi data yang selanjutnya akan dianalisis secara Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa kegiatan pengembangan diri Muhadaroh, Tahfizh dan Tilawah berjalan efektif yang dibuktikan dari sejumlah prestasi yang diraih oleh santri dan santriwati seperti bidang muhadaroh yang sudah berhasil meraih juara dan mengikuti lomba sampai tingkat provinsi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Rasyid Ridha
Date Deposited: 15 Mar 2021 05:51
Last Modified: 15 Mar 2021 05:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15903

Actions (login required)

View Item View Item