EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

EFEKTIVITAS METODE NATURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN SIDOREJO 1 TAMBAN

Fatimah, Raisya (2021) EFEKTIVITAS METODE NATURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN SIDOREJO 1 TAMBAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Pernyataan keaslian tulisan Raisya.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (609kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (411kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
10. Riwayat Hidup dan Lampiran lainnya.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Metode nature learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan alam sekitar sebagai media. Metode ini disebut juga metode pembelajaran di alam bebas, metode ini melibatkan peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran di luar kelas. Dimana dapat mendatangkan kesenangan bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat mudah menuangkan ide-ide kreatif yang ada dalam pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektitivitas pelaksanaan metode nature learning pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Sidorejo 1 Tamban dan faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan metode nature learning pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Sidorejo 1 Tamban. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskiriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan editing, klasifikasi, dan interprestasi data. Data yang sudah diolah dan diinterprestasikan, kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif dalam mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektitivitas pelaksanaan metode nature learning pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Sidorejo 1 Tamban sudah terlaksana dengan baik dari seluruh kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, sehingga hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) 65. Faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan metode nature learning pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Sidorejo 1 Tamban yaitu faktor tujuan, guru, peserta didik seluruh menyangkut aspek pribadi siswa antara lain perhatian, minat, motivasi dan aktivitas, dan faktor lingkungan sekolah. Semua faktor tersebut berkaitan erat dengan efektitivitas pelaksanaan metode nature learning pada pembelajaran tematik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jul 2021 00:43
Last Modified: 12 Jul 2021 00:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item View Item