EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ORANGTUA DALAM PENDISIPLINAN IBADAH SHALAT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 2 BANJARMASIN

Dilla, Adina (2021) PERAN ORANGTUA DALAM PENDISIPLINAN IBADAH SHALAT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (409kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Shalat adalah kewajiban bagi umat Islam yang paling utama sesudah mengucapkan dua kalimat syahadat. Shalat merupakan pembeda antara orang muslim dan orang nonmuslim. Shalat diisyaratkan dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh umat Islam yang sangat banyak manfaat religius didalamnya serta mengandung unsur pendidikan terhadap individu dan masyarakat. Anak merupakan amanah dari Allah SWT, yang berawal sejak mereka masih berada didalam rahim ibu sampai mereka lahir ke dunia ini. Di dalam keluargalah anak tumbuh dan berkembang baik dari segi fisik maupun mentalnya sehingga amanat tersebut patut dijaga, dirawat serta di didik dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan dari Allah SWT. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya peran orangtua dalam pendisiplinan ibadah shalat pada anak berkebutuhan khusus. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran beserta faktor-faktor pendukung maupun penghambat peran orangtua dalam pendisiplinan ibadah shalat pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengambilan simpulan yang bersifat induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Subjek penelitian ini adalah 5 orangtua anak, sedangkan objeknya adalah peran orangtua dalam pendisiplinan ibadah shalat pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orangtua dalam pendisiplinan ibadah shalat pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Banjarmasin terdapat beberapa aspek yaitu, memberikan keteladanan, memberikan pembiasaan, memberikan nasihat, memberikan perhatian/pengawasan. Adapun faktor pendukung peran orangtua adalah adanya dukungan dari orangtua, adanya sarana prasarana yang memadai, adanya lingkungan yang baik serta pemberian hadiah. Sedangkan penghambatnya adalah sifat aktif anak, adanya media elektronik hp, suka begadang, malas dan belum lancar dalam bacaan shalat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:30
Last Modified: 21 Jul 2021 07:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16514

Actions (login required)

View Item View Item