EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin

Maulidya, Difa (2021) Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (626kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin meliputi proses kegiatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik dan faktorfaktor yang mendukung dan menghambat kegiatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik kelas III di MIN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian ke lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam studi kasus deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini disebut juga dengan metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Dalam penelitian kualitatif instrumennya adalah orang atau human instrument, yaitu peneliti itu sendiri. Objek pada penelitian ini adalah pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas III MIN 3 Banjarmasin, sedangkan untuk subjek adalah Kepala MIN 3 Banjarmasin, 3 Guru Pembelajaran Tematik di Kelas III MIN 3 Banjarmasin dan Peserta didik Kelas III MIN 3 Banjarmasin. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Pengelolaan kelas di MIN 3 Banjarmasin sudah cukup baik, guru bertanggung jawab terhadap pengelolaan kelas, baik terkait fisik maupun psikis kelas. Kendala guru pada aspek ini antara lain perubahan pola tempat duduk dan mading kelas belum terprogram dengan baik. Pembelajaran tematik secara umum sudah terlaksana. Di sisi lain, fakta menunjukkan bahwa keberlangsungan proses pembelajaran tematik masih bersifat monoton. Proses pembelajaran yang berlangsung sebetulnya sudah melibatkan banyak aktivitas peserta didik di dalam kelas seperti mendengarkan, memperhatikan, mencerna, dan aktif bertanya tentang pelajaran yang dirasa belum cukup dipahami dengan jelas.Faktor- faktor yang mendukung: kurikulum; sangat besar pengaruhnya terhadap aktivitas kelas, sarana prasarana; kelengkapan sarana dan prasarana kelas secara umum sama, dan guru; terdorong untuk tumbuh dan berkembang dan sikap dalam mengkondisikan kelas, sedangkan faktor-faktor yang menghambat: guru; minim terhadap berbagai pelatihan terkait dengan pengelolaan kelas, peserta didik; usil dan mengganggu temannya saat belajar ataupun ribut pada saat pembelajaran , dan sarana prasarana; jumlahnya terbatas bahkan ada yang tidak ada sama sekali, contohnya seperti LCD proyector, layar screen dan alat peraga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 28 Jul 2021 00:45
Last Modified: 28 Jul 2021 00:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16612

Actions (login required)

View Item View Item