EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANJARMASIN

Saufi, Muhammad (2021) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (24kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan karekter adalah pendidikan yang menekankan pada pembiasaaan untuk berprilaku regius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, tanggung jawab.Karena itu tidak terbentuk secara instan, tetapi harus dididik secara serius, menerus, dan professional agar mencapai bentuk karakter yang ideal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Penelitian yang dilakukan langsung lapangan. Subejek dalam penelitian ini ada tiga orang yaitu satu orang Kepala Sekolah, satu orang guru kelas, dan satu orang orangtua peserta didik. objek penelitian ini adalah kegitatan pelaksanaan pendidikan karakter pada anak autis yang ada di sekolah tersebut dalam nilai karakter siswa/i di SLB Negeri 2 Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter siswa di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Alat pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan diolah melalui beberapa tahap yaitu editing, klasifikasi, interprestasi data. Dalam menganalisis data yang telah terkumpul digunakan analisis deskriptif kualitatif dan dalam penarikan kesimpulan digunakan metode deduktif yaitu menarik kesimpulan yang bersifat khusus menjadi suatu kesimpulan umum yang berkaitan dengan bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada anak autis di sekolah luar biasa Negeri 2 Banjarmasin dengan pendidikan oleh guru dan orangtua untuk mendidik, membentuk, dan mengawasi anak. Adanya penanaman nilai karakter disisipkan disemua mata pelajaran yang berlangsung dengan menggunakan media dan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Faktor pendukung yaitu kopetensi sosial guru, lingkungan, sarana prasarana, dan perhatian orangtua sedangkan faktor penghambat yaitu klasifikasi peserta didik, orangtua yang kurang memberikan perhatian dan pengetahuan, dan lingkurang yang kurang mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:38
Last Modified: 05 Aug 2021 00:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item