EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKATAN SARJANA FARMASI INDONESIA (ISFI) BANJARMASIN

Munawaroh, Diniatul (2021) PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKATAN SARJANA FARMASI INDONESIA (ISFI) BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pembelajaran tahfiz di SMK Farmasi ISFI Banjarmasin meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, metode dan evaluasi pembelajaran serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengambil latar SMK Farmasi ISFI Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadz/ustadzah dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumenter. Pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi, dan interprestasi data. Analisis data dilakukan dengan memberikan gambaran terhadap data yang berhasil dikumpul dan dari gambaran tersebut diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persiapan siswa sebelum pembelajaran Tahfiz Alquran di SMK Farmasi ISFI Banjarmasin yaitu mengikuti tahapan placement tes, pembagian kelompok dan penempatan kelas. Dalam perencanaan pembelajaran siswa ditargetkan selama tiga tahun dapat menghafal tiga juz. Pelaksanaan pembelajaran tahfiz ini dimulai dari jam 07:15 – 08:10 setiap hari selasa, rabu dan kamis dimulai dengan membaca surah Al- Fatihah dan do’a menghafal Alquran, dilanjutkan dengan apersepsi dan tadarus, kemudian kegiatan inti yaitu penyetoran hafalan Alquran yang dilakukan dengan bergiliran maju menghadap ustadzah untuk menyetorkan hafalannya, kegiatan penutup diakhiri dengan arahan dan motivasi serta doa senandung Alquran. Metode saat pembelajaran tahfiz oleh ustadzah menggunakan metode talqin dan talaqqi, sedangkan metode menghafal siswa bervariasi diantaranya metode wahdah, sima’i, talqin, takrir, gabungan, tafhim dan kitabah serta talaqqi, dari kebanyakan siswa paling banyak menggunakan metode wahdah dan takrir. Evaluasi pembelajaran Tahfiz di SMK Farmasi yaitu evaluasi harian, kenaikan juz, pertengahan semester dan akhir semester. Pembelajaran tahfiz Alquran yang terlaksana di SMK ini yakni bekerjasama dengan Rumah Quran Al-Azhar Al- Syarif. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran tahfiz Alquran meliputi niat dan minat siswa, latar belakang pendidikan, bacaan yang baik dan benar dan daya ingat. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran tahfiz meliputi waktu yang terbatas dan lokasi menghafal.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:13
Last Modified: 05 Aug 2021 05:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16795

Actions (login required)

View Item View Item