EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa dengan Metode Griya Al-Qur’an di Griya Qur’an Banjarmasin

Nurul, Nurul (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa dengan Metode Griya Al-Qur’an di Griya Qur’an Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Mengingat sangat pentingnya Al-Qur‟an sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, maka seorang muslim harus mampu membaca Al-Qur‟an dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan membacanya. Dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an diperlukan sebuah metode. Sebab metode mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran membaca Al-Qur‟an yang terus berkembang dan sangatlah beragam, dan salah satu metode tersebut adalah Metode Griya Al-Qur‟an. Metode ini mengenalkan cara membaca Al-Qur‟an dengan tartil. Pembelajaran metode Griya Al-Qur‟an menggunakan buku modul yang disusun dan diterbitkan oleh Griya Qur‟an itu sendiri dengan isi materi yang kaya akan contoh dan di desain untuk orang dewasa. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ustadzah selaku guru pengajar dan peserta didik Griya Qur‟an Banjarmasin. Sedangkan Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an pada orang dewasa dengan metode Griya Al-Qur‟an serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an pada orang dewasa dengan metode Griya Al-Qur‟an di Griya Qur‟an Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan Metode Griya Al-Qur‟an pada Orang dewasa didapati ada 5 tahapan pembelajaran yang disingkat dengan SUBUH. Yaitu, Salam, Ulangi, Berikan, Uji, Hamdalah. Sedangkan bentuk evaluasi yang dilakukan ustdzah ialah evaluasi harian tetapi tidak tertulis. Adapun Hal-hal yang mendukung ialah tenaga pendidik yang professional, sarana dan parasarana yang memadai dan keaktifan peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kehadiran pesera didik yang sering tidak tepat waktu dan tidak hadir.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:13
Last Modified: 09 Aug 2021 02:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item