EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PEMBERIAN APERSEPSI PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 4 TABALONG

Raihanah, Raihanah (2021) PELAKSANAAN PEMBERIAN APERSEPSI PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 4 TABALONG. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1.PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (525kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (805kB)

ABSTRAK

Apersepsi pada pembelajaran matematika diperlukan untuk mengetahui kesiapan siswa sebelum memulai pelajaran, agar siswa bisa fokus dan siap menerima pelajaran, dengan melakukan apersepsi guru dapat menarik pusat perhatian siswa untuk masuk kedalam dunia, suasana dan kegiatan pembelajaran yang hendak diciptakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberian apersepsi pada proses pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN 4 Tabalong meliputi tentang perencanaan dan pelaksanaan pada pemberian apersepsi. Dan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhinya yang terdiri dari faktor guru, faktor kesiapan peserta didik,dan faktor waktu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru matematika sekaligus wali kelas IV. Objek dalam penelitian ini merupakan pelaksanaan pemberian apersepsi pada proses pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN 4 Tabalong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul maka teknik pengolahan data diproses melalui koleksi data, editing, koding, interprestasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemberian apersepsi pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN 4 Tabalong tertuang dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika. Perencanaan apersepsi yang tertuang di RPP yang telah disusun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Tahap pelaksanaan, guru melakukan pemberian apersepsi pada awal pembelajaran dalam bentuk pertanyaan yang mengaitkannya dengan kehidupan sehati-hari, pengalaman, dan benda di sekitar siswa sesuai dengan materi yang akan dipelajari, kemudian mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian apersepsi yaitu faktor guru yang sudah terampil dalam hal membuka pelajaran, sehingga dalam pelaksanaan pemberian apersepsi guru pandai menarik minat dan perhatian siswa saat pembelajaran. Selain itu, faktor lainnya adalah faktor kesiapan peserta didik, sebelum proses pembelajaran berlangsung pemberian apersepsi sangat besar pengaruhnya terhadap kesiapan belajar siswa karena apersepsi dapat membantu siswa lebih mudah dalam menyerap materi pembelajaran. Kemudian ada faktor waktu, guru dapat dengan baik mengalokasikan waktu yang tersedia untuk pemberian apersepsi pada awal pembelajaran dan saat interaksi belajar mengajar, sehingga membuat siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:00
Last Modified: 03 Nov 2021 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item