EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendampingan Pembelajaran Fiqh oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Banjarmasin

Fitriani, Amalia (2021) Pendampingan Pembelajaran Fiqh oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (936kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu adanya pendampingan pembelajaran keagamaan diluar kelas bagi peserta didik guna menambah wawasan dan pengetahuan tentang materi keagamaan secara lebih luas dan mendalam. Dalam hal ini kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Studi Islam merupakan salah satu wadah bagi peserta didik untuk mengatasi hal tersebut di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan Pendampingan Pembelajaran Fiqh oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra di MAN 2 Kota Banjarmasin serta Faktor yang mempengaruhi kegiatan pendampingan pembelajaran fiqh oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra di MAN 2 Kota Banjarmasin. Subjek pada penelitian ini yaitu ada 1 orang guru fiqh, 1 orang pembina KSI, 1 orang ketua KSI, 2 orang ustadz, 1 alumni KSI dan 3 orang anggota KSI itu sendiri. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah sistem pendampingan pembelajaran, metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi pendampingan pembelajaran oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kegiatan pendampingan pembelajaran fiqh yang dilakukan oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra sudah sebagian besar terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan peserta didik/ anggota dari KSI tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwasanya pendampingan pembelajaran fiqh oleh Kelompok Studi Islam Adz-Dzikra ini meliputi: kegiatan Ta’lim dan Halaqah. Adapun faktor pendukung pada kegiatan pendampingan pembelajaran ini ialah ustadz yang ahli dibidangnya serta penyampaian materi dengan bahasa yang mudah dipahami dan memberikan contoh yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor penghambat pada kegiatan pendampingan pembelajaran ini ialah terbenturnya jadwal kegiatan KSI dengan esktrakurikuler lain dan berkurangnya minat peserta didik untuk mempelajari pengetahuan tentang keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Fauzi Aspian
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:53
Last Modified: 26 Nov 2021 01:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17606

Actions (login required)

View Item View Item