EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN KALIMANTAN SELATAN DALAM PELAYANAN EKSEKUSI PUTUSAN PENGADILAN

Aldianoor, Muhammad Rizky (2021) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN KALIMANTAN SELATAN DALAM PELAYANAN EKSEKUSI PUTUSAN PENGADILAN. Skripsi, Syariah.

[img] Text
1 SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2 AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pelayanan eksekusi putusan oleh Pengadilan, laporan yang masuk ke Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Kalimantan Selatan sebagai pengawas pelayanan publik. Dalam tiga tahun terakhir 2018 sampai 2020 ini Ombudsman Kalimantan Selatan banyak menerima keluhan atau aduan dalam hal persoalan eksekusi putusan Pengadilan, baik dikarenakan penundaan berlarut maupun persoalan penafsiran dalam pelaksanaan serta prosedur yang dinilai belum jelas. Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan Noorhalis Majid (Periode 2010-2021) mengatakan, diundangnya ahli dari Hakim Pengadilan sebagai bukti keseriusan Ombudsman dalam melakukan pemeriksaan menyangkut masalah yang sedang ditangani. Penelitian ini merupakan penelitian normatif empiris, data penelitian yang digunakan adalah kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan berkaitan dengan penelitian ini. Setelah data terkumpul kemudian diolah melalui proses editing, deskripsi dan matrik. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif mengacu pada landasan teori. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan. Hasil yang diperoleh adalah Peran Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan dalam Pelayanan Eksekusi Putusan Pengadilan sudah sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia yang berlaku. Tentang tata cara penerimaan, pemeriksaan dan penyelesaian laporan, yaitu: laporan dari masyarakat, verifikasi laporan, pemeriksaan dokumen, mediasi, tindak lanjut, hasil laporan akhir, penutupan laporan dan tindakan pencegahan. Namun pelaksanaannya belum maksimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: kendala seperti anggaran yang kurang sehingga kegiatan Ombudsman terhambat, SDM Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan yang kurang menguasai secara menyeluruh masalah dan peraturan berkenaan dengan eksekusi putusan Pengadilan, mengingat tingkatan laporan yang sulit dan sensitif. Maka penelitian ini menyajikan batasan kewenangan dalam pelayanan eksekusi putusan Pengadilan sehingga masuk dalam laporan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:55
Last Modified: 01 Dec 2021 01:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item