EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBINAAN MUSLIM MUALLAF DI DESA LOKLAHUNG KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Anshari, Muhammad Hafiz (2022) PEMBINAAN MUSLIM MUALLAF DI DESA LOKLAHUNG KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dalam mempelajari dan mendalami ajaran agama Islam, muallaf tentu memerlukan bimbingan dan arahan yang baik agar nantinya muallaf tersebut dapat memantapkan keyakinannya terhadap pelajaran agama yang dia terima serta bisa mempraktekannya dalam kehidupan sehari – hari.Pemberian materi agama yang disampaikan serta metode pembinaan yang digunakan seorang pendidik menjadi tolak ukur seberapa berhasilnya seorang pendidik dalam melaksanakan pembinaan muallaf. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pembinaan muslim muallaf di desa Loklahung kecamatan Loksado kabupaten Hulu Sungai Selatan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan muslim muallaf di desa Loklahung kecamatan Loksado kabupaten Hulu Sungai Selatan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 (Tiga) mubaligh dan 3 (Tiga) perwakilan muallaf di desa Loklahung kecamatan Loksado kabupaten Hulu Sungai Selatan, sedangkan objek penelitian ini adalah data yang berkenaan dengan pembinaan muslim muallaf di desa Loklahung kecamatan Loksado kabupaten Hulu Sungai Selatan, faktor pendukung dan penghambat pembinaan muslim muallaf di desa Loklahung kecamatan Loksado kabupaten Hulu Sungai Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan editing, klasifikasi data, interpretasi data dan analisis data. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan muslim muallaf di desa Loklahung kecamatan Loksado kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk mengajarkan serta mengarahkan para orang yang baru memeluk agama Islam untuk mempelajari serta mengamalkan syari’at agama dengan benar. Adapun beberapa metode yang digunakan dalam pembinaan muslim muallaf yaitu : (1) Keteladanan, (2) Sirah Nabawiyah, (3) Latihan. Faktor yang mempengaruhi pembinaan muslim muallaf yaitu :faktor pendukug, (1) kemampuan pembina muallaf, (2) Transportasi yang memadai, (3) Pendanaan yang memadai, (4) Hubungan yang baik antara pembina dengan muallaf. Faktor penghambat, (1) Kurangnya waktu yang disediakan muallaf, (2) Cuaca, (3) Media yang kurang memadai, dan (4) Banyaknya para muallaf yang belum bisa membaca dan menulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:15
Last Modified: 25 Jan 2022 06:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item