EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di MAN 1 Banjarmasin

Dewi, Rusita (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di MAN 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Lembaga pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila peserta didiknya mampu mencapai perkembangan diri secara optimal melalui perolehan pendidikan dan prestasi belajar yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki. Seperti yang terjadi di lingkungan MAN 1 Banjarmasin, terdapat total 298 prestasi yang diraih peserta didiknya sejak tahun 2007 hingga 2021. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik di MAN 1 Banjarmasin serta untuk mengetahui apa yang menjadi faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi akademik dan non akademik serta data prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MAN 1 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data mulai menelaah seluru data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang berhubungan dengan strategi kepala madrasah dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik di MAN 1 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan narasumber lainnya. Objek penelitian ini ialah meneliti tentang strategi kepala madrasah dan prestasi akademik dan non akademik peserta didik. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa strategi kepala madrasah dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik yaitu dengan campuran gaya kepemimpinan, menanamkan sikap disiplin, melakukan bimbingan konseling sebagai bentuk nasehat dan motivasi oleh kepala madrasah agar bakat yang dimiliki peserta didik dapat berkembang, memberi apresiasi seperti reward kepada peserta didik yang berprestasi dan memberi dukungan penuh dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin. Sebagai kepala madrasah MAN 1 Banjarmasin memiliki tanggung jawab dalam pengembangan dan memotivasi sebagai motivator. Dorongan dan penghargaan merupakan dua sumber motivasi yang efektif diterapkan oleh kepala madrasah. Keberhasilan suatu organisasi dipengaruhi dari berbagai faktor, baik faktor yang datang dari dalam maupun datang dari lingkungan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan prestasi siswa, kepala madrasah perlu memperhatikan motivasi para siswa dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:28
Last Modified: 31 Jan 2022 01:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item View Item