EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI SITI MARIAM BANJARMASIN.

HIDAYATI, ISNANI (2022) PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI SITI MARIAM BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN - Isnani Hidayati.pdf

Download (169kB)
[img] Text
2. AWAL - Isnani Hidayati.pdf

Download (802kB)
[img] Text
3. ABSTRAK - Isnani Hidayati.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4. BAB I - Isnani Hidayati.pdf

Download (228kB)
[img] Text
5. BAB II - Isnani Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
6. BAB III - Isnani Hidayati.pdf

Download (152kB)
[img] Text
7. BAB IV - Isnani Hidayati.pdf

Download (234kB)
[img] Text
8. BAB V - Isnani Hidayati.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA - Isnani Hidayati.pdf

Download (111kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN - Isnani Hidayati.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan kelas dalam pembelajaran secara daring pada mata pelajaran matematika di MI Siti Mariam Banjarmasin tepatnya pada kelas V. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang mendiskripsikan gambaran mengenai situasi atau kejadian yang sedang berlangsung, subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika kelas V dan seluruh peserta didik total jumlah 19 orang siswa dengan 13 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran secara daring pada mata pelajaran matematika kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin tidak berjalan dengan efektif dimana guru tidak mempersiapkan secara matang dalam pengelolaan kelas seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran matematika daring. Pengelolaan kelas dalam Perencanaan pembelajaran matematika daring di guru telah membuat perencanaan pembelajaran seperti RPP dan silabus, tetapi untuk silabus guru hanya mengambil dari silabus yang telah dibuat oleh pemerintah, dalam pengelolaan kelas pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru tidak menjelaskan materi pembelajaran secara langsung kepada siswa tetapi guru hanya menyampaikan materi melalui whatsappgroup dengan diberikan pengarahan kepada siswa untuk memahami materi melalui video yang sudah diberikan secara mandiri, kemudian Pengelolaan kelas pada tahap evaluasi pembelajaran guru mengadakan evaluasi dengan penugasan individu dan pemberian latihan soal di setiap habis materi pembelajaran.Begitu juga dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas secara daring terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor dari dalam diri siswa sangat berdampak terhadap perkembangan belajar siswa mulai dari faktor emosi,pikiran, dan perilaku. Begitu juga dengan faktor eksternal pengelolaan kelas daring sangat berpengaruh terhadap perkembangan siswa mulai dari lingkungan belajar, penempatan siswa, pengelompokan siswa dan jumlah siswa. Dari faktor yang sudah dijelaskan sudah diketahui bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas terhadap perkembangan siswa guru kesulitan dalam membimbing dan mengontrol kondisi siswa secara langsung terhalang dengan adanya pandemi covid-19 sistem pembelajaran yang dilaksanakan di rumah. Jadi, faktor utama yang paling berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa adalah bergantung kepada suasana lingkungan keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:03
Last Modified: 31 Jan 2022 01:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18184

Actions (login required)

View Item View Item