EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Mengelola Emosi terhadap Komitmen Organisasi Pengurus UKK KSR-PMI UIN Antasari Banjarmasin

Setiawan, Muhammad Sofyan (2022) Pengaruh Mengelola Emosi terhadap Komitmen Organisasi Pengurus UKK KSR-PMI UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Homaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (713kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Organisasi pada dasarnya merupakan suaru kelompok sosial dengan terdiri dari beberapa anggota yang mempunyai persepsi bersama tentang sebuah kesatuan. Untuk membangun kesatuan sebuah organisasi penting adanya komitmen organisasi dari para anggota. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap komitmen organisasi para anggota salah satunya ialah bagaimana cara seseorang mampu mengelola emosinya ketika berorganisasi. Maka adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mengelola emosi terhadap komitmen organisasi UKK KSR-PMI UIN Antasari Banjarmasin. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji analisis regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan instrumen pengumpulan data menggunakan Skala model Likert. Untuk subjek pada penelitian ini ialah pengurus UKK KSR UIN Antasari Banjarmasin dan besaran sampel pada penelitian ini ialah 50 orang dari jumlah populasi sebesar 53 orang. Dan objek pada penelitian ini adalah mengelola emosi sebagai variabel bebas dan komitmen organisasi sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil dari perhitungan IBM SPSS Statistic 23 nilai mean dari variabel mengelola emosi adalah 113.60 dan standar deviasinya adalah 12.547. Selanjutnya memperoleh hasil untuk pengkategorian tingkat mengelola emosi dengan angka persentase adalah rendah (8%), sedang (72%), dan tinggi (20%). Dapat disimpulkan bahwa tingkat mengelola emosi pada pengurus UKK KSR UIN Antasari Banjarmasin berada pada tingkat sedang. Berikutnya, nilai mean dari variabel komitmen organisasi adalah 78.30 dan standar deviasinya adalah 8.147. Dan memperoleh hasil untuk pengkategorian tingkat komitmen organisasi dengan angka persentase adalah rendah (8%), sedang (70%), dan tinggi (22%). Dapat disimpulkan bahwa tingkat komitmen organisasi pada pengurus UKK KSR UIN Antasari Banjarmasin berada pada tingkat sedang. Pada penelitian ini mengajukan hipotesis yaitu terdapat pengaruh positif yang signifikan antara mengelola emosi dengan komitmen organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan dari pengaruh mengelola emosi terhadap komitmen organisasi adalah 0,000 lebih rendah dari standar signifikan, yaitu 0,05 (0,000<0,05) ini berarti terdapat pengaruh antara mengelola emosi terhadap komitmen organisasi pengurus UKK KSR UIN Antasari Banjarmasin periode 2019/2020. Selanjutnya untuk nilai R Square 0,562 yang artinya variabel mengelola emosi memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi sebesar 56,2 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:49
Last Modified: 07 Feb 2022 01:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18313

Actions (login required)

View Item View Item